6 Manfaat Daun Pandan, Bisa Mengatasi Masalah Kejantanan Hingga untuk Lulur Kecantikan

6 Manfaat Daun Pandan, Bisa Mengatasi Masalah Kejantanan Hingga untuk Lulur Kecantikan

Surabaya (TintaSantri.com) – Selain sebagai pewangi dan pengawet alami, manfaat daun pandan juga dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Meski sebagian orang belum mengetahui khasiat yang dimiliki oleh daun hijau ini. Namun, dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin, ternyata bisa membuat Anda selalu sehat dan tampil cantik, lho.

Daun yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini memang bukan tanaman sembarangan. Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan.

1. Mengontrol Gula Darah

Ekstrak daun pandan dapat menurunkan gula darah secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada 30 orang dewasa dan menunjukkan kadar gula darah yang normal, setelah meminum air rebusan pandan hangat.

Agar terhindar dari risiko tekanan gula darah, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2 hingga 3 gelas. Namun jangan terlalu sering, agar tidak menimbulkan efek buruk di kemudian hari.

2. Radang Sendi

Bagi Anda yang suka merasakan nyeri pada persendian, mengonsumsi daun pandan bisa meredakan nyeri, lho. Hal ini karena daun pandan memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu, jamu ini sudah populer sejak zaman dahulu.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa merebus daun pandan secara rutin untuk mendapatkan manfaat seperti mencegah osteoporosis atau menghambat peradangan yang menyebabkan kerusakan tulang rawan.

3. Mengobati Insomnia

Selain sebagai kerajinan dari daun pandan, ternyata juga bisa mencegah gangguan stres dan mengobati insomnia lho. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid yang memiliki efek sedatif yang dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Daun pandan memang sangat efektif untuk mengobati insomnia dan mengurangi stres, oleh karena itu Anda bisa mengkonsumsi daun pandan hanya dengan merebus dan menambahkan satu sendok teh madu sebelum diminum.

4. Meredakan Mual pada Ibu Hamil

Tentu mual pada ibu hamil bisa jadi tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi daun pandan rebus yang dicampur dengan air jahe secara rutin. Hal ini berguna agar rasa mual bisa berkurang dan tidak dirasakan lagi oleh ibu hamil.

5. Untuk Lulur Kecantikan

Nah untuk kamu wanita dan pria yang ingin memiliki kulit cerah dan bersih, kamu bisa menggunakan daun pandan sebagai scrub. Selain itu, bisa memberikan aroma yang harum pada tubuh, lho.

Ya, bagaimana cara meracik daun pandan dengan kunyit, tepung beras, dan beberapa bahan kecantikan lainnya. Jika iya, gunakan scrub dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mengatasi Masalah Kejantanan Pria

Nah, bagi sebagian pria yang bermasalah dengan impotensi, mengkonsumsi daun pandan dipercaya menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Artinya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan dua hingga tiga kali sehari. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari merokok, makan makanan yang tidak sehat, dan kurang tidur yang dapat mempengaruhi vitalitas.

Meski daun pandan bisa tumbuh di berbagai tekstur tanah, tumbuhan hijau ini memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, kerajinan, dan untuk campuran bahan makanan. Itulah beberapa manfaat daun pandan yang bisa anda ketahui dan pahami. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *