Ini Dia Persyaratan Dan Tahapan Pendaftaran CPNS 2021 Lengkap

Menjadi pegawai negeri sipil masih menjadi pekerjaan impian bagi banyak orang. Tak heran setiap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pendaftarnya selalu membludak. Saat ini proses pelaksanaan CPNS semakin dekat, dimana pendaftaran dimulai dari April-Mei 2021.

Tahap seleksinya akan dilakukan pada Juni mendatang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mepan-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2021 akan dilaksanakan dengan skala besar, yakni mencapai 1,3 juta formasi. Tidak hanya itu, pelaksanaan pendaftaran CPNS 2021 juga akan dilakukan melalui portal satu pintu yang dilengkapi dengan sistem terintegrasi, sehingga mampu mempermudah peserta dalam melakukan pendaftaran. Hal ini juga penting dilaksanakan karena adanya pembatasan akibat pandemik virus corona. Bagi kamu yang berencana daftar CPNS 2021, simak persyaratan dan tata cara pendaftarannya berikut ini:

Seleksi CPNS yang dilakukan melalui portal satu pintu terintegrasi dimaksudkan untuk memudahkan proses pendaftaran. Agar lancar saat proses pendaftaran kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen tertentu. Jika merujuk pada seleksi CPNS 2019 yang tercantum dalam laman resmi sscn.bkn.go.id, Inilah beberapa dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • Pas foto, dan
  • Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar.

2. Beberapa tahapan seleksi CPNS 2021

Seleksi CPNS 2021 dilaksanakan secara online, namun tetap terdiri dari 5 tahapan seleksi yang harus dilalui oleh setiap pelamar. Menurut cpns.kemenkumham.go.id, beberapa tahapan seleksi CPNS adalah:

  • Pendaftaran online di SSCN BKN (sscn.bkn.go.id)
  • Seleksi Administrasi
  • Verifikasi Berkas Asli
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

3. Tata cara serta alur pendaftaran CPNS 2021 Dalam melakukan pendaftaran CPNS 2021, pelamar dapat melakukannya kapan pun dan dimana pun karena dilakukan secara online. Namun perlu diingat, siapkan dulu dokumen yang diperlukan. Alur pendaftaran CPNS 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Akses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id
  2. Membuat akun SSCN menggunakan NIK dan Nomor KK atau menggunakan NIK Kepala Keluarga
  3. Setelah membuat akun, pelamar dapat log in menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan saat membuat akun
  4. Unggah swafoto dengan menunjukkan Kartu Informasi Akun dan KTP
  5. Lengkapi data diri, pilih formasi dan jabatan yang akan dilamar, serta unggah dokumen persyaratan yang diminta
  6. Setelah melengkapi data, lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan data telah sesuai. Kemudian, cetak Kartu Pendaftaran SSCN
  7. Lamaran Anda akan melalui proses verifikasi
  8. Setelah lolos proses verifikasi, pastikan Anda cetak Kartu Ujian yang akan diperlukan saat pelaksanaan tes seleksi
  9. Setelahnya, akan diberikan pengumuman kelulusan
  10. Bagi pelamar yang lulus, akan melalui proses pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)

Itulah panduan terkait tata cara, persyaratan, serta dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melamar CPNS 2021. Kamu juga berminat melamar? Selamat mencoba dan semoga beruntung

 HALAMAN

123

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *