Sejarah Dan Kedahsyatan Khasiat Shalawat Fatih

Keutamaan Shalawat Fatih

Sholawat fatih yang asli memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut beberapa keutamaannya:

  • Menghilangkan perasaan sedih dan resah.

Keutamaan shalawat fatih pertama adalah dapat membantu menghilangkan perasaan resah dalam diri manusia. Di saat tubuh dilanda kesedihan, resah, gundau, hati merana dan banyak beban pikiran. Beberapa tokoh alim ulama menyarankan untuk mengamalkan atau membaca shalawat fatih dengan istiqomah membacanya, insyaAllah hati akan lebih tenang dan nyaman.

  • Terbebas dari api neraka.

Keutamaan shalawat fatih yang kedua adalah terbebasakan atau terselamatkan dari siksa api neraka. Menurut keterangan sebagian ulama bahwa mengamalkan shalawat fatih akan membebaskannya dari siksa api neraka, walaupun hanya dibaca sekali saja dalam seumur hidup. Dalam hal ini tentunya harus diimbangi dengan melakukan kewajiban-kewajian syariat yang telah diperintah oleh Allah serta menjauhi larangan-laranganNya, sehingga Shalawat ini sebagai pendongkrak atas amal-amal baik yang dilakukan.

  • Pahala menyamai sepuluh ribu kali shalawat lainnya.

Keutamaan shalawat fatih yang ketiga adalah pahala pembacaan satu kali shalawat fatih bisa menyamai puluhan ribu kali shalawat yang lain. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalawat fatih ini bisa mendatangkan pahala yang besar. Menurut mereka, pahala membaca satu shalawat fatih setara dengan pahala sepuluh ribu kali shalawat lainnya. Bahkan ada ulama yang mengatakan pahalanya setara dengan enam ratus ribu kali lipat dibandingkan dengan shlawat lainnya.

  • Mempermudah datangnya hidayah.

Fadhilah shalawat fatih yang ke empat adalah mempermudah datangnya hidayah. Menurut keterangan sebagian ulama, seseorang yang membaca shalawat fatih selama empat puluh hari berturut-turut secara istiqomah dan tidak terputus-putus bisa tergerak hatinya untuk melakukan tobat dan menjauhi segala kemaksiatan (mendapatkan hidayah dari sisi Allah SWT).

Hal ini selaras dengan keterangan dalam sebuah riwayat yakni, melakukan shalat secara berjama’ah dalam kurun waktu empat puluh hari berturut-turut tanpa terputus dapat mengabulkan semua hajat kita. Dan dikabulkannya hajat tersebut tentunya atas kehendak Allah Swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *