Sejarah dan Tradisi Lebaran Ketupat

Santan atau santen mempunyai filosofi Jawa adalah pangapunten atau memohon maaf. Dengan begitu, ketupat mempunyai filosofi mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan.

Tak cuma dihidangkan di Hari Raya Idul Fitri, ketupat juga disuguhkan tujuh hari sesudah Hari Raya, tepatnya di 8 Syawal. Tradisi idul fitri ketupat ini juga diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Pada lebaran ketupat, penduduk menghidangkan ketupat dan kuliner pendampingnya untuk dikonsumsi bareng keluarga dan saudara.

Seperti pembahasan Awal tadi yaknni Idulfitri ketupat dilaksanakan tiap 8 Syawal di mana sebelumnya umat Islam melaksanakan puasa Syawal pada tanggal 2-7 Syawal. Perayaan tradisi idul fitri ketupat ini dilambangkan sebagai simbol kebersamaan dengan mengolah masakan ketupat dan mengantarkannya kepada sanak kerabat.

Idulfitri ketupat menurut Islam adalah suatu hal yang sangat anggun, alasannya adalah tradisi jika tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam maka layak untuk dipertahankan.