Manfaat dan Keuntungan WhatsApp Bussines

TintaSantri – – Para pebisnis menjadi semakin nyaman dengan munculnya sistem komunikasi yang membuat komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dan efektif. Salah satu tool yang memiliki banyak keunggulan dan menjadi pilihan para pebisnis adalah WhatsApp Business (WA Bisnis).

Alat yang tersedia khusus untuk pemilik bisnis ini memiliki banyak fitur dan manfaat. Jika sebelum WhatsApp  Anda terbatas, maka dengan hadirnya WhatsApp Bussines Anda bisa lebih dikenal dengan akses yang luas, tanpa dipaksa oleh lokasi dan waktu.

Tentu saja, ada banyak perangkat yang menawarkan fitur serupa. Namun, sebagian besar proses obrolan ini tidak memiliki kemampuan khusus untuk pebisnis. Dengan kata lain, layanan yang sama tidak memiliki fitur yang dapat membantu pengusaha meningkatkan usahanya.

Hingga saat ini, WhatsApp Business memiliki lebih dari 5 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Dimana penggunaan ini digunakan untuk mendukung pelanggan, mengembangkan bisnis dan melayani masyarakat. Layanan WhatsApp sendiri saat ini memiliki lebih dari 2 juta pengguna harian.

Pengguna WA Business akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah pemilik bisnis di seluruh dunia. Lantas, apa manfaatnya bagi para pengusaha khususnya UMKM? Untuk memanfaatkan fitur dengan sebaik-baiknya, mulailah dengan mengetahui manfaat WhatsApp Business di bawah ini.

1. Mudah digunakan

Salah satu alasan mengapa WhatsApp Business begitu banyak digunakan oleh para pemilik bisnis adalah karena mudah digunakan atau easy to use. Seperti halnya penggunaan chat, WhatsApp Business Visual memiliki tampilan yang simpel dan tidak rumit.

Hal ini memungkinkan pengguna WA Bisnis untuk melakukan aktivitas komersial. Apalagi bagi pengguna yang gagap dengan teknologi, mereka bisa menggunakannya tanpa perlu banyak belajar. Aplikasi sederhana ini membuat WhatsApp Business mudah digunakan sambil menjelajahi fitur-fitur di dalamnya.

2. Metode Dua arah Percakapan

Tahukah Anda bahwa 56% klien Indonesia senang terhubung dengan bisnis dan mengajukan pertanyaan melalui obrolan? Seperti halnya seluler, WhatsApp Business memungkinkan Anda menjalin komunikasi dua arah dengan pelanggan.

Untuk menjalankan bisnis, kepuasan pelanggan merupakan faktor kunci keberhasilan bisnis. Dengan dukungan berbagai fitur yang tersedia di WhatsApp Business, para pelaku bisnis dapat mewujudkan kepuasan pelanggan yang ingin bertanya, baik mengenai produk, layanan, pengiriman, komplain tanpa harus menunggu terlalu lama.

3. Pesan Otomatis

Pesan Otomatis (Away Message) adalah salah satu komponen utama para pebisnis. Dengan fitur ini, pemilik bisnis tidak perlu terus-menerus mencari pesan dari pelanggan.

Dengan hanya menerapkan fitur ini, Anda dapat mengirim pesan balasan kepada pelanggan tepat waktu dan lebih awal. Tentang cara mengatur pesan sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp Business
  2. Klik “Pengaturan”
  3. Pilih “Pengaturan bisnis”
  4. Pilih opsi “Away Message”
  5. Selanjutnya, untuk membuat pesan klik “Greeting Message”
  6. Pilih “Quick Repliest”
  7. Di menu “Jadwal”, untuk mengirim pesan otomatis setiap saat Anda dapat memilih opsi “Selalu Kirim”. Untuk mengirim pesan otomatis pada waktu tertentu, Anda dapat memilih opsi “Jadwal khusus”. Sementara itu, untuk mengirim pesan di luar jam kerja, Anda dapat memilih opsi “Bisnis di luar jam kerja”.
  8. Dalam daftar penerima, Anda dapat menentukan opsi pengiriman sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk “Semua orang”, “Semua orang tidak ada dalam daftar kontak”, “Semua orang kecuali” , dan “Hanya kirim ke”.
  9. Klik “Simpan”
  10. Ingat, pesan otomatis yang Anda atur hanya dapat dikirim ketika akun Anda terhubung ke internet.

4. Tetap Dekat

Untuk menjaga perkembangan bisnis, diperlukan adanya hubungan yang baik antara penjual dan pembeli. Jangan menjadikan pelanggan sebagai satu-satunya tujuan pemasaran Anda. Selain itu, Anda perlu membangun hubungan yang erat dengan pelanggan sehingga Anda dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi mereka.

Dengan alat unduh gratis yang dirancang untuk kebutuhan pemilik usaha kecil, Anda dapat dengan mudah membangun hubungan pelanggan yang baik.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan layanan 24 jam, jika Anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan ini, Anda bisa membuat chatbot WhatsApp. Tentunya layanan 24 jam memungkinkan pelanggan mendapatkan bantuan dan layanan dasar setiap kali mereka menghubungi bisnis Anda.

5. Meningkatkan Merek

Berbicara tentang kesadaran merek berarti berbicara tentang berapa banyak orang yang tahu dan akrab dengan bisnis Anda. Tujuan dari kesadaran merek adalah untuk membuat pelanggan mempercayai produk Anda dan keberadaan bisnis Anda.

Dengan adanya bagian profil bisnis yang berisi informasi tentang bisnis Anda, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda secara profesional. Detail yang muncul termasuk gambar profil, deskripsi bisnis, alamat email, nama, dan lokasi situs web.

Faktanya, semakin banyak pelanggan melihat produk Anda, semakin baik produk Anda. Jika Anda terus melakukan hal ini, pasti akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan pelanggan setia.

6. Tingkatkan layanan

Selain manfaat yang disebutkan di atas, sebenarnya menggunakan WhatsApp Business untuk menjalankan bisnis dapat meningkatkan layanan Anda kepada pelanggan. Pelayanan yang baik akan membangkitkan keinginan untuk membeli kembali atau keinginan untuk membeli produk atau jasa Anda. Dimana rencana redemption ini nantinya dapat dijadikan sebagai indikator tingkat kepuasan pelanggan.

Dengan fitur seperti respons cepat dan label, pelanggan akan merasa terbantu jika menanyakan sesuatu kepada Anda. Tidak hanya itu, pesan Anda menjadi lebih tertata sehingga risiko kesalahan menjadi minimal.

Dengan semua manfaat WhatsApp Bussines, Anda dapat sepenuhnya meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda dengan bantuan Chatbot WhatsApp Business untuk menangani semua pelanggan Anda? Salinan kata.ai adalah WhatsApp Business Provider (WABP) resmi Indonesia, dan dipercaya oleh lebih dari 350 perusahaan Indonesia.

Berbagi :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.