12 Aplikasi Edit Video Untuk Youtuber Pemula

12 Aplikasi Edit Video Untuk Youtuber Pemula

Tintasantri.com – Bagi setiap YouTuber, memakai aplikasi edit video adalah aspek khusus yang sangat membantu mereka membuat content berkualitas. Sekarang, ada beberapa software edit video yang gampang dipakai, dimulai dari yang gratis atau berbayar.

aplikasi edit video

Jika kamu ingin tahu, berikut daftar aplikasi edit video terbaik yang digunakan beberapa YouTuber untuk membikin beberapa video menarik. Yok baca berikut ini!

1. Aplikasi edit video Adobe Premiere Pro

Aplikasi bikinan Adobe ini adalah software edit video yang cukup terkenal dipakai YouTuber. Adobe Premiere Pro memang diperuntukkan untuk kelompok professional dengan beragam feature terbaik untuk video editing. Tidaklah aneh, aplikasi satu ini patut masuk ke daftar software video editor terbaik untuk YouTube.

Feature editing yang dipunyainya benar-benar komplet. Kamu dapat mengubah video dari yang low resolution, 8K sampai VR. Tetapi untuk pemula di video editing, kamu perlu banyak latihan untuk memakainya.

2. Adobe Premiere Elements

Masih dari Adobe, jika kamu mencari pilihan software video editor yang lebih ringkas, dapat mencoba pakai Premiere Elements. Aplikasi ini lebih simpel dan gampang dipakai jika dibanding dengan Premiere Pro. Walau demikian, hasil editan video kamu akan masih tetap keren.

Kamu tidak perlu cemas, featurenya dilengkapi dengan AI yang dapat mempermudah kamu mengubah video secara automatis. Ada beragam effect visual yang disiapkan, misalkan slow motion, overlay, timelapse, bounce back, dan double exposure. Ditambah lagi feature fix action cam footage untuk membenahi guncangan pada video.

3. Filmora dan FilmoraGo

Aplikasi video editing dari Filmora dapat kamu coba untuk membikin video YouTube yang memikat. Filmora mempunyai dua versi aplikasi yang dapat kamu pakai. Filmora untuk mengubah video di PC, dan FilmoraGo untuk mengubah video dari HP. Keunggulannya, aplikasi ini gampang untuk pemula dan dapat digunakan dengan gratis. Walau penampilannya cukup sederhana, feature yang dijajakannya terhitung komplet.

Kamu dapat mengubah video resolusi 4K dengan lebih dari 100 opsi template effect transisi. Filmora punyai feature EasyMode yang dapat membuat tools editing lebih gampang dipahami. Informasinya, aplikasi ini lumayan ringan untuk diupload hingga tidak gampang jatuh saat dipakai.

4. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah software edit video yang dapat dipakai gratis di piranti Windows, MacOS, atau Linux. Walau gratis, informasinya aplikasi video editor banyak Youtuber satu ini mempunyai feature komplet yang serupa aplikasi berbayar seperti Adobe Premiere Pro lho!

Beberapa feature menariknya salah satunya motion graphic, colour corrector, visual efek, sampai audio mixing. DaVinci bahkan juga memberikan dukungan pengoreksian video resolusi 8K. Software video editor ini telah bisa dibuktikan handal untuk mengedit video pendek sampai film.

5. Corel Video Studio

Video editor bikinan Corel ini tidak kalah terkenal dipakai banyak YouTuber. Corel Video Studio mempunyai feature yang cukup oke untuk mengubah video. Aplikasi ini pas untuk yang baru memulai karena penampilannya lebih simpel dan gampang dipakai. Walau demikian, Corel sediakan feature editing lanjutan seperti motion treking, 4k dan VR video editing, dan bermacam dampak video untuk percantik video.

Untuk feature pengoreksiannya, banyak tersedia template yang dapat kamu pakai. Mulai dengan template opening, menambah transisi video, latar belakang musik, effect, sampai filter. Software ini dapat kamu unduh dari PC.

6. iMovie

Untuk pemakai iOS, kamu jangan mengabaikan aplikasi edit video satu ini. iMovie sebagai video editor garapan Apple yang cuma dapat dijalankan pada piranti sistem operasi iOS saja. Kamu dapat secara mudah lakukan penyelarasan di piranti Apple yang kamu pakai.

Ada bermacam opsi template topik, filter, latar belakang, sampai soundtrack dan dampak audio yang dapat kamu pakai. iMovie memberikan dukungan pengoreksian video dengan green screen dan dampak split screen. Bahkan juga kamu dapat membuat video trailer dari bermacam template dengan penampilan animasi yang memikat.

7. Shotcut

Opsi seterusnya ada Shotcut. Aplikasi untuk edit video beberapa Youtuber ini dapat dipakai pada Windows, MacOS, atau Linux. Aplikasi ini pantas kamu coba jika kamu telah pahami beberapa dasar video editing. Featurenya kemungkinan tidak sedetail editor video kelas tinggi seperti Premiere Pro, tetapi Shotcut terhitung oke untuk lakukan editing video tingkat menengah.

Shotcut mempunyai semua feature video editing dasar, seperti cut, trim, setting kecepatan, filter, beragam opsi dampak. Aplikasi ini memberikan dukungan multitrack editing untuk mengubah video. Walau gratis, feature Shotcut pantas kamu pikirkan untuk hasilkan video menarik.

8. Vimeo Create

Untuk YouTuber pemula, Vimeo Create pantas kamu coba sebagai video editor berbasiskan situs. Vimeo Create pas dipakai untuk kepentingan editing video yang simpel. Penampilan interface-nya cukup sederhana dan gampang dipakai.

Aplikasi ini sediakan beragam template sebagai dasar pengoreksian video. Kamu bisa juga manfaatkan koleksi photo dan gambar free royalty yang mereka siapkan ke videomu.

9. Pinnacle Studio

Pinnacle Studia adalah aplikasi edit video yang dipakai YouTuber pemula. Penampilannya mempermudah kamu mengubah video dengan opsi template yang paling beragam. Walau untuk editor pemula, hasil video yang dibuat tidak kalah menarik.

Untuk YouTuber gaming, aplikasi ini sangat cocok dipakai, karena mempunyai feature screen recording. Pinnacle Studio dapat menjadi satu diantara aplikasi unggulan kamu untuk mengubah video di piranti Windows dan MacOS.

10. KineMaster

Jika kamu cari video editor yang ringkas dan dapat dipakai dari HP, KineMaster ialah satu diantaranya. Aplikasi ini cukup terkenal dipakai untuk membikin video yang berkualitas. Disamping gampang dipakai, KineMaster sediakan feature seperti software edit video di PC.

Lewat feature drag and turunnya, kamu dapat mengubah video lebih gampang. Tools video editingnya memungkinkanmu untuk atur audio, menambah animasi, text, photo, sampai latar belakang musik ke videomu agar lebih menarik.

11. VivaVideo

Disamping KineMaster, ini menjadi alternatif YouTuber pemula yang perlu aplikasi video editor dari HP gratis dan gampang dipakai. VivaVideo dapat dipakai di HP Android atau iOS. Sama dengan software edit video yang lain, featurenya memungkinkanmu untuk menyatukan video, memangkas, sampai atur kecepatan video.

Viva Video sediakan bermacam opsi filter dan dampak video. Kamu dapat menambah text, animasi, filter, dan dampak slow motion di videomu. Pas sekali buat kamu yang tidak ingin ribet untuk mengubah video yang sederhana.

12. Quik

Quik ialah aplikasi untuk mengubah video yang dapat kamu pakai dari HP Android atau iOS. Di Quik, kamu dapat semakin cepat dan mudah saat lakukan editing video cukup dengan beberapa langkah. Mulanya, aplikasi bikinan GoPro ini dibikin untuk mengubah hasil video dari cameranya saja. Sekarang ini Quik dapat dipakai sebagai video editor khususnya untuk beberapa YouTuber pemula.

Dengan beragam featurenya, kamu dapat membuat video menjadi lebih menarik. Gunakan beragam effect video transition-nya dengan opsi tema yang tidak kalah menarik.

Penutup

Itulah tadi beberapa aplikasi edit video yang digunakan YouTuber untuk hasilkan beberapa video menarik. Kamu dapat tentukan dan coba satu satu sesuai pilihan dan ketrampilan dibidang video editing yang kamu kuasai.

Jika sudah akrab dalam dunia editing video, kamu dapat mencoba Adobe Premiere Pro, Corel VideoStudio, ShotCut, atau DaVinci Resolve. Jika pemula, dapat mencoba pakai Filmora, KineMaster, Pinnacle Studio, Quik, atau VivaVideo. Mudah-mudahan artikel ini berguna untukmu ya, selamat mempraktikkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *