Registrar Domain Name

Memilih Registrar Domain Name, Hal Penting Saat Akan Membeli Domain

Apakah Anda mencari registrar domain name terbaik tahun 2022? registrar domain name adalah perusahaan yang bertanggung jawab untuk mendaftarkan dan mengelola nama domain untuk semua situs web di seluruh dunia. Memilih registrar domain name yang tepat sangat penting agar anda tidak kecewa kemudian. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memilih registrar domain name terbaik dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan mereka.

Apa itu Regitrar Domain Name?

Registrar Domain Name adalah perusahaan yang memungkinkan Anda membeli dan mendaftarkan nama domain. Semua pendaftar nama domain diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), sebuah organisasi nirlaba yang bertanggung jawab untuk mengelola nama domain. Nama domain membuat internet mudah digunakan bagi semua orang. Tanpa nama domain, Anda harus memasukkan string panjang berupa angka-angka yang disebut alamat IP untuk mengunjungi sebuah situs web. Nah nama domain memecahkan masalah ini dengan mengizinkan situs web memilih alamat menggunakan kata-kata yang mudah diingat, misalnya tmdls.net, bumntoday.com, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Registrar Domain Name yang Tepat

Tidak semua Registrar Domain Name memiliki lisensi untuk menjual semua ekstensi nama domain. Misalnya, beberapa pendaftar domain hanya dapat menjual nama domain dengan ekstensi khusus negara (seperti .io, .in, atau .ly).
Setiap Registrar Domain Name dapat menawarkan layanan yang berbeda untuk pendaftaran nama domain. Beberapa Registrar Domain Name mungkin menawarkan domain murah sebagai penawaran promosi mereka sementara yang lain mungkin memberikan add-on gratis untuk menarik pelanggan. Saat memilih pendaftar nama domain terbaik, perhatikan empat hal ini:

1. Harga dan Periode Pendaftaran

Hal pertama yang ingin Anda periksa adalah harga nama domain. Misalnya, beberapa pendaftar domain mungkin menawarkan harga rendah di awal untuk pendaftaran tahun pertama, tetapi harga perpanjangannya bisa berbeda dan jauh lebih tinggi.
Anda dapat mendaftarkan nama domain untuk jangka waktu minimal 1 tahun. Namun, beberapa perusahaan mungkin memerlukan periode pendaftaran yang lebih tinggi seperti minimal 2 tahun. Anda dapat mendaftarkan nama domain hingga 10 tahun sekaligus.
Jika Anda membeli alamat web baru, maka kami sarankan untuk mendaftarkan nama domain Anda selama 1 tahun. Anda dapat mengaktifkan perpanjangan otomatis, sehingga domain Anda tidak kedaluwarsa.
Anda juga perlu memeriksa biaya tambahan untuk transfer domain, perpanjangan, dan biaya biaya lainnya.

2. Transfer Domain

Nama domain dapat dipindahkan dari satu Registrar Domain Name ke Registrar Domain Name. Biasanya, Anda tidak perlu segera mentransfer nama domain Anda, tetapi jika Anda tidak puas dengan Registrar Domain Name Anda, maka opsi ini akan tersedia dengan mudah.
Hal pertama yang perlu Anda ingat adalah bahwa Anda tidak dapat mentransfer nama domain selama 60 hari pertama pendaftaran. Periode awal ini diputuskan oleh ICANN. Setelah itu, Anda diperbolehkan untuk memindahkannya ke registrar lain yang Anda inginkan.
Kebanyakan pendaftar domain memudahkan untuk mentransfer nama domain tanpa biaya tambahan. Namun, beberapa mungkin mencoba membuatnya rumit atau mengenakan biaya tambahan untuk menghapus kunci domain.
Pastikan Anda meninjau kebijakan transfer domain sebelum membeli nama domain dari Registrar Domain Name.

3. Kebijakan Kedaluwarsa Domain

Nama domain didaftarkan untuk jangka waktu tertentu. Anda dapat memperbarui pendaftaran domain sebelum tanggal kedaluwarsa. Namun, jika Anda lupa memperbarui nama domain Anda, maka itu akan kedaluwarsa dan siapa pun dapat mendaftarkannya.
Untuk bisnis, ini berarti seseorang dapat mengambil alih nama domain mereka. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, Anda dapat mengatur perpanjangan otomatis untuk nama domain Anda.
Bahkan jika Anda menggunakan fitur perpanjangan otomatis, ada baiknya untuk memeriksa kebijakan kedaluwarsa pendaftar domain Anda. Beberapa pendaftar domain menawarkan masa tenggang bahkan setelah kedaluwarsa. Masa tenggang ini memungkinkan Anda untuk memperbarui nama domain yang kedaluwarsa.
Kami telah mendengar lusinan cerita horor tentang pemilik bisnis yang kehilangan nama domain mereka karena kartu kredit mereka kedaluwarsa, dan registrar domain name mereka tidak memiliki masa tenggang. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa sangat penting untuk memilih registrar domain name yang tepat.

4. Layanan Tambahan

Anda mungkin juga ingin meninjau layanan lain apa yang ditawarkan oleh pencatat domain Anda. Meskipun Anda mungkin tidak memerlukan layanan ini sekarang, ada baiknya mengetahui bahwa mereka memilikinya.
Layanan tambahan ini dapat mencakup privasi domain, parkir domain, perlindungan kedaluwarsa yang diperpanjang, dan banyak lagi. Beberapa registrar domain name bahkan dapat menjual layanan hosting WordPress, layanan hosting email, pembuat situs web, layanan pemasaran email, dan banyak lagi.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih registrar domain name

Karena persaingan dalam bisnis registrar domain name, Anda akan menemukan perusahaan dengan beberapa penawaran yang sangat menarik. Meskipun penawaran ini mungkin terlihat bagus, mungkin ada beberapa kerugian yang mungkin tidak secara langsung Anda sadari.
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih pendaftar nama domain.

Biaya Tambahan

Beberapa registrar domain name dapat secara otomatis memeriksa layanan tambahan saat Anda membeli nama domain. Jika Anda tidak menghapus centang pada opsi tersebut, maka ini akan meningkatkan tagihan Anda secara signifikan. Biasanya nama domain .com tidak akan dikenakan biaya lebih dari $14,99 / tahun.
Anda harus memperhatikan halaman checkout dan hapus centang pada layanan tambahan atau peningkatan penjualan yang tidak Anda perlukan seperti WHOIS Guard. Selain itu, periksa ulang jumlah total yang dibebankan kepada Anda dalam laporan kartu kredit Anda.

Pengalaman Pengguna yang Buruk

Sebagian besar registrar domain name mencoba membuat situs web mereka mudah digunakan, sehingga mereka dapat mempertahankan Anda sebagai pelanggan. Namun, beberapa pendaftar domain melakukan hal yang sebaliknya.
Ini akan menyulitkan Anda untuk mengubah pengaturan nama domain Anda seperti server nama. Anda perlu melakukannya jika ingin mentransfer domain ke host baru, atau registrar domain name baru.
Cara termudah untuk mencari ini adalah dengan mencari ulasan online pendaftar domain. Perlu diingat, bahwa sangat sedikit pelanggan yang suka meninggalkan ulasan online, jadi penting untuk membaca ulasan secara menyeluruh.

Biaya Tersembunyi

Anda mungkin juga perlu mencari tahu biaya dan tambahab biaya tersembunyi saat memilih registrar domain name.
Beberapa pendaftar domain mungkin memiliki penawaran khusus untuk domain yang lebih murah untuk pendaftaran pertama kali. Kebanyakan pemula tidak menyadarinya, tetapi biaya perpanjangan domain seringkali sangat berbeda dan bahkan bisa jauh lebih tinggi.
Semua registrar domain name yang baik memudahkan untuk mentransfer nama domain Anda ke perusahaan lain. Namun, beberapa akan mengenakan biaya tambahan.
Karena itu, perhatikan beberapa pendaftar registrar domain name terbaik, dan bandingkan satu sama lain. Mungkin anda juga perlu mengetahui cara mendaftarkan email klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *