Persiapan RAKER, PC LBMNU Kabupaten Malang Gelar Mayoran

Diposting pada 0 views
Pengurus PC LBM NU Kabupaten Malang

Tintasantri.com – Pengurus Cabang LBMNU Kabupaten Malang Periode 2021 – 2026 yang baru beberapa bulan lalu dilantik, mengadakan Rapat Pengurus dengan agenda persiapan rapat kerja yang akan dilaksanakan pada bulan juni 2022 ini. Kegiatan tak biasa tampak pada acara yang dilaksanakan dalam rapat persiapan yang digelar pada hari sabtu, 11 juni 2022 kemarin yaitu kegiatan “mayoran” .
Mayoran adalah istilah yang digunakan oleh para santri untuk menunjukkan satu kegiatan makan bersama-sama dalam satu wadah besar. Wadah itu bisa berupa pelepah daun pisang bisa juga dengan nampan atau baki.
Pada dasarnya mayoran merupakan ekspresi rasa syukur kepada Allah atas nikmatnya yang tidak pernah putus. Mayoran oleh para santri adalah momen spesial yang sengaja diadakan untuk merayakan sebuah keberhasilan. Seperti ketika khatam dari satu pengajian kitab tertentu, atau hatam Al-Qur’an, atau lulus ujian kitab, atau sekedar bersyukur atas nikmat sehat dan berkumpul bersama sahabat dan teman-teman.

suasana mayoran PC LBM NU Kabupaten Malang

Dalam acara mayoran yang digelar oleh PC LBMNU Kabupaten Malang tersebut, selain dihadiri oleh Pengurus PC LBMNU Kabupaten Malang, juga dihadiri oleh Pengurus PCNU Kabupaten Malang yang diwakili oleh KH. Nasrulloh Marwazi selaku Wakil Ketua Tanfidziyyah yang membidangi LBMNU.
Gus Mihron Zubaidi, ketua PC LBMNU Kabupaten Malang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun sinergi antar sesama pengurus PC LBM yang berasal dari berbagai latar belakang, karena sinergitas berawal dari keakraban dan keakraban berawal dari mayoran. Selain itu, Gus ubed juga menambahkan tiga hal yang mendasari kegiatan ini, yaitu:

  • Kita di satukan oleh NU
  • Kegiatan mayoran adalah adalah kegiatan ala santri
  • Mengamalkan dawuh para masyayich bahwa ittihad wal wahdah, persatuan dan kebersamaan khususnya antar ma’ahid harus terus dijaga dengan baik
suasana mayoran PC LBM NU Kabupaten Malang


“Seluruh Pengurus PC LBM Kabupaten Malang ini merupakan alumni dari berbagai pesantren di indonesia yang masing – masing pesantren memiliki ciri dan karakter sendiri. Nah untuk menyatukan persepsi dan pemahaman perlu adanya sebuah kegiatan untuk menjalin keakraban diantara mereka sehingga akan terbangun sinergi yang lebih baik” tegas Gus Ubed, sapaan akrab Gus Mihron Zubaidi.
Dalam kesempatan itu kyai Nasrul selaku Wakil PCNU Kabupaten Malang, menyambut baik kesempatan tersebut, beliau berharap kegiatan tersebut bisa meningkatkan kekompakan seluruh pengurus LBMNU Kabupaten Malang. “LBM merupakan ruh lembaga NU dalam hal aqidah, amaliyah dan harokah, maka kekompakan dan sinergi antar pengurus menjadi sangat penting demi terjaganya ruh nahdlatul ulama” tutup Kyai Nasrulloh Marwazi yang juga ketua FKDT Jawa Timur.