Tingkatkan Skil Santri, PC RMI NU Malang Gandeng Pesantren Center Nusantara Gelar Diklat Jurnalistik Santri

Diposting pada 0 views


TintaSantri.com – Ahad, 26 Juni 2022 Pengurus Cabang Robithoh Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (PC RMI NU) Kabupaten Malang gelar diklat jurnalistik santri di gedung auditorium IAI Al Qolam Putat Lor Gondanglegi Malang.


kegiatan tersebut diikuti oleh 40 pesantren yang berada di kabupaten malang, yang masing – masing diwakili oleh santri yang mempunyai minat dibidang jurnalistik.

kegiatan tersebut digelar berawal dari keprihatinan PC RMI NU Kabupaten Malang yang melihat kurangnya konten islami annahdliyyah di dunia maya.
“Pada 2021 data pesantren di kemenag yang ada di kabupaten malang berjumlah sekitar 600 an pesantren. namun dari lembaga – lembaga itu, yang bisa diakses di dunia maya hanya sepuluh sampai dua puluh an lembaga saja” ujar Gus Beady Busyrol Basyar, M.Pd sekretaris Pesantren Center Nusantara.

Gus Beidi (sapaan akrab Gus Beady Busyrol Basyar) juga menyampaikan pentingnya acara semacam ini, untuk membekali para santri dengan skil yang dibutuhkan di kehidupan modern ini.


“ketika kita mengetikkan pesantren di google, yang muncul malah pesantren yang afiliasinya bukan dengan NU, hal ini dikarenakan kurangnya jurnalistik santri yang bisa memberikan “warna” di dunia maya” tutur Gus Choirus Sholeh Koordinator Divisi Informasi Dan Hubungan PC LBM NU Kabupaten Malang.
Gus Choy (sapaan Gus Choirus Sholeh) menekankan pentingnya memunculkan Jiwa Juang Virtual para santri.

kegiatan ini merupakan tahap pertama yang diharapkan terus berlanjut dan memunculkan pejuang pejuang dunia maya dari kalangan santri.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya sebagai seremonial saja, oleh karenanya panitia menyiapkan hadiah bagi peserta yang mau menulis secara berkelanjutan di dunia maya.