Monthly Archives: June 2022

Vertigo: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Dan Pengobatan – TINTA SANTRI

Tinta Santri> Tinta Santri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

TintaSantri.com – Sebagian besar kasus vertigo adalah jenis perifer, yaitu sensasi atau perasaan berputar yang biasanya disebabkan karena gangguan pada telinga bagian dalam. Jika Anda memiliki penyakit vertigo, Anda mungkin merasa diri seperti berputar. Simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai penyebab, gejala, diagnosis dan obat vertigo.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Apa Itu Vertigo?

Vertigo adalah sebuah keadaan di mana seseorang mengalami sensasi seolah sekelilingnya berputar. Apakah kondisi ini membutuhkan obat vertigo? Perlu diketahui bahwa vertigo bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri, vertigo adalah gejala dari suatu penyakit.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Vertigo bisa berlangsung selama beberapa menit hingga jam tergantung tingkat keparahan. Apabila vertigo yang dialami cukup berat, hal itu berisiko membuat penderitanya kehilangan keseimbangan sehingga risiko terjatuh semakin tinggi.

Penyebab Vertigo

Pada dasarnya, penyebab vertigo dibagi menjadi dua yaitu vertigo sentral dan perifer. Dibanding vertigo sentral, vertigo perifer adalah yang paling sering terjadi. Berikut adalah penjelasan lengkap penyebab vertigo, di antaranya:

1.Vertigo perifer

Vertigo perifer adalah yang paling sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya karena terdapat gangguan telinga bagian dalam yang berfungsi mengatur keseimbangan tubuh. Selain perasaan melayang, peradangan yang terjadi di telinga bagian dalam atau karena adanya infeksi virus, akan menimbulkan rasa sakit dan pusing.

Beberapa penyebab vertigo paling umum, khususnya penyebab vertigo perifer adalah:

  • BPPV. BPPV merupakan singkatan dari benign paroxysmal positional vertigo. BPPV terjadi ketika partikel kalsium kecil (canalith) masuk di kanal-kanal telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak tentang kepala dan gerakan tubuh relatif terhadap gravitasi. Proses ini membantu tubuh menjaga keseimbangan. BPPV dapat terjadi tanpa alasan yang diketahui dan mungkin terkait dengan usia. Penyebab vertigo ini cukup sering terjadi.
  • Penyakit Meniere. Ini adalah gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan di telinga. Hal ini dapat menyebabkan episode vertigo bersama dengan telinga berdenging (tinnitus) dan gangguan pendengaran.
  • Neuritis vestibular atau labirintis. Ini adalah masalah telinga bagian dalam biasanya berhubungan dengan infeksi (biasanya virus). Infeksi menyebabkan peradangan pada telinga bagian dalam sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan rasa tubuh.

2. Vertigo sentral

Vertigo sentral terjadi akibat adanya masalah pada otak. Bagian otak yang paling berpengaruh terhadap kejadian penyakit ini adalah cerebellum atau otak kecil.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab vertigo sentral, di antaranya:

  • Stroke. Sebuah kondisi penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak.
  • Konsumsi obat. beberapa jenis obat tertentu yang bisa menimbulkan efek samping vertigo.
  • Tumor otak. Penyakit ini menyerang cerebellum atau otak kecil, sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi gerakan tubuh.
  • Migrain. Munculnya migrain atau sakit kepala sebelah ini disertai dengan rasa nyeri yang berdenyut dan sering dialami oleh orang mereka yang berusia muda. Migrain biasanya  dianggap sebagai salah satu penyebab umum dari penyakit ini.
  • Multiple sclerosis. Gangguan sinyal saraf yang terjadi di sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang) yang diakibatkan oleh kesalahan pada sistem kekebalan tubuh seseorang.
  • Neuroma akustik. Tumor jinak yang tumbuh pada saraf vestibular, yaitu sistem saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Sebagian besar kasus neuroma akustik terjadi karena kelainan genetik.

Gejala Vertigo

Perlu diketahui bahwa serangan vertigo bisa terjadi tiba-tiba dan bisa berlangsung lama atau singkat. Apabila Anda memiliki vertigo berat, gejala vertigo bisa berlangsung selama beberapa hari, sehingga menganggu aktivita Anda sehari-hari.

Gejala yang paling umum terjadi adalah sekeliling Anda terasa seperti berputar diiringi dengungan pada telinga. Dampaknya, rasa ingin muntah tak terhindarkan dan membuat Anda tidak kuat untuk berdiri.

Gejala lain yang mungkin menyertai vertigo adalah:

  • Gerakan mata yang abnormal atau menyentak (nystagmus).
  • Sakit kepala.
  • Berkeringat.
  • Sulit untuk konsentrasi.

Diagnosis Vertigo

Dokter dapat memisahkan pusing dari vertigo dengan mengajukan pertanyaan sederhana: “Apakah Anda merasakan kondisi lingkungan seperti berputar atau apakah Anda pusing?”. Jika di sekeliling Anda tampak berputar, bisa dipastikan Anda memiliki vertigo.

Selain itu, dokter juga akan bertanya tentang riwayat medis termasuk riwayat migrain, infeksi telinga dalam, konsumsi obat-obat rutin dan cedera kepala yang pernah dialami.

Jika diperlukan, dokter dapat melakukan tahap pemeriksaan fisik lebih lanjut. Pemeriksaan ini ditujukan untuk melihat fungsi pendengaran, fungsi otak, dan gerak bola mata. Beberapa metode pemeriksaan tersebut meliputi:

  • Tes head-thrust: Anda melihat hidung sendiri, dan ini akan membuat gerakan kepala cepat ke samping dan mencari gerakan mata yang benar.
  • Tes Romberg: Anda berdiri dengan kaki bersama-sama dan mata terbuka, lalu tutup mata Anda dan cobalah untuk menjaga keseimbangan.
  • Tes Fukuda-Unterberger: Anda diminta untuk berbaris di tempat dengan mata tertutup tanpa bersandar dari sisi ke sisi
  • Tes Dix-Hallpike: Saat berada di meja, Anda dengan cepat diturunkan dari posisi duduk ke posisi terlentang dengan kepala Anda mengarah ke kanan atau sedikit ke kiri. Seorang dokter akan melihat gerakan mata Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang vertigo Anda.

Selain beberapa tes yang sudah dijelaskan di atas, tes penunjang bisa dilakukan dokter seperti tes urine dan darah, MRI, CT scan dan foto rontgen.

Sementara itu, tanda-tanda peringatan komplikasi serius meliputi:

  • Vertigo yang muncul tiba-tiba tidak terpengaruh oleh perubahan posisi.
  • Vertigo yang berhubungan dengan tanda-tanda neurologis seperti kurangnya koordinasi otot yang parah atau kelemahan baru.
  • Vertigo yang berhubungan dengan tuli dan tidak ada riwayat penyakit Meniere.

Obat Vertigo

Obat vertigo tergantung pada apa yang menyebabkannya. Dalam banyak kasus, tanpa harus mencari vertigo obatnya apa, vertigo bisa hilang sendiri. Terjadinya kesembuhan tanpa obat vertigo ini dikarenakan otak mampu beradaptasi–setidaknya sebagian, dan dengan adanya perubahan telinga bagian dalam.

Bagi beberapa orang, obat vertigo yang dibutuhkan dapat termasuk:

1. Rehabilitasi vestibular

Ini adalah jenis terapi fisik yang bertujuan membantu memperkuat sistem vestibular. Fungsi dari sistem vestibular adalah untuk mengirim sinyal ke otak tentang kepala dan gerakan tubuh relatif terhadap gravitasi. Rehab vestibular mungkin disarankan jika Anda memiliki serangan berulang vertigo. Ini membantu melatih indra Anda untuk mengompensasi.

2. Manuver reposisi kanalit

Pedoman dari American Academy of Neurology merekomendasikan serangkaian gerakan khusus untuk kepala dan tubuh dalam rangka menangani BPPV. Gerakan yang dilakukan untuk memindahkan deposit kalsium keluar dari kanal ke dalam ruang telinga bagian dalam sehingga mereka dapat diserap oleh tubuh.

Anda mungkin akan memiliki gejala vertigo selama prosedur ketika kanalit bergerak. Seorang dokter atau ahli terapi fisik dapat memandu gerakan manuver ini.

3. Obat resep

Dalam beberapa kasus, obat-obatan dapat diberikan untuk meringankan gejala seperti mual atau mabuk terkait dengan vertigo. Jika vertigo disebabkan oleh infeksi atau peradangan, antibiotik atau steroid dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan infeksi. Obat vertigo untuk penyakit Meniere, seperti diuretik (pil air) dapat diresepkan untuk mengurangi tekanan dari penumpukan cairan.

Obat vertigo lainnya yang bisa Anda gunakan: Antihistamin, seperti betahistine. Benzodiazepine, seperti diazepam dan lorazepam. Anti-muntah, seperti metoclopramide.

4. Operasi

Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk vertigo. Jika vertigo disebabkan oleh masalah mendasar yang lebih serius, seperti tumor atau cedera pada otak atau leher, operasi dapat membantu untuk meringankan vertigo.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di.

Twibbon Idul Fitri Versi Nasa Herbal – TINTA SANTRI

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, semua umat muslim di penjuru dunia sudah menantinya. Mari rayakan idul fitri bersama keluarga tersayang.

Twibbon Idul Fitri Sebagai bentuk perayaan hari raya lebaran. Dapatkan bingkai twibbon menarik untuk meramaikan Hari Raya Idul Fitri.

PT Nasa Herbal mempunyai agen dan member yang semakin meningkat. Produk-produk Nasa Herbal semakin dicintai dan dikenal masyarakat. Tidak hanya karna kualitasnya, melainkan Produk Nasa juga dapat bernilai bisnis dengan menjadi mitra dan membernya.

Twibbon Idul Fitri Nasa Herbal sangat tepat sekali digunakan sebagai salah satu cara promosi. Dengan desain yang keren dan sesuai dengan momen, tintasantri.com selalu menyajikan foto frame untuk semua pecinta produk nasa.

Berikut Twibbon Idul Fitri Nasa Herbal yang kami kumpulkan untuk momen Idul Fitri 1443/ Download dan share ke semua teman pecinta Nasa Herbal. Bagikan ke berbagai media sosial untuk sarana promosi produk-produk Nasa.

Link Twibbon Idul Fitri versi Nasa pertama

Link Twibbon Idul Fitri versi Nasa kedua

Link Twibbon Idul Fitri versi Nasa ketiga

Kumpulan Twibbon Idul Fitri 2022

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pahlawan Nasional PNG Vector – Gambar, Siluet Dan Background – TINTA SANTRI

Hari pahlawan adalah lanjutan peringatan dari hari sumpah pemuda sebelumnya. Rangkaian ini diawali dengan Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober. Dan pada puncaknya tanggal 10 november Peringatan Hari Pahlawan Indonesia. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam peringatan hari pahlawan anda dapat membuat berbagai desain peringatan untuk kebutuhan desain banner, twibbon, flayer dan kata ucapan hari pahlawan. Dan kali ini ngadmin akan berbagai gambar pahlawan png vector untuk kebutuhan desain anda. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pahlawan Indonesia banyak sekali kita tau, mulai dari pahlawan revolusi, pahlwan kemerdekaan dan pahlawan pejuang lainnya yang wajib kita apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan para pahlawan. Melalui desain dan kreatifitas admin mengajak seniman virtual untuk memberikan pesan moral kepda kawula muda di berbagai platform media sosial dengan membuat desain grafis yang keren dan bermakna. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pahlawan Nasional PNG Vector – Gambar, Siluet dan Background PNGtree.com

Oke, tanpa basa basi berikut koleksi kami tentang Pahlawan Nasional PNG Vector yang dapat anda olah lagi dengan aplikasi edit foto seperti corel draw, photoshop, pics art dan lain-lain sesuai kesukaan anda. Gambar hari pahlawan png di bawah ini kami kumpulkan dari berbagai website penyedia gambar PNG seperti freepik, pngdownload dll. 

Itulah tadi berbagi kami tentang Gambar Hari Pahlawan PNG dan Pahlawan Nasional PNG Vector. Semoga Bermanfaat. 

5 Tanda Tubuh Sudah Berlebihan Mengonsumsi Garam – TINTA SANTRI

Tinta Santri> Tinta Santri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

TintaSantri.com– Garam adalah salah satu bumbu makanan yang hampir selalu kita gunakan saat memasak. Keberadaan garam juga bisa ditemukan di dalam makanan-makanan lainnya, termasuk di dalam makanan kemasan yang bisa kita temukan di toko atau swalayan. Masalahnya adalah pakar kesehatan menyebut konsumsi garam yang berlebihan bisa menyebabkan dampak kesehatan yang kurang baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Beberapa tanda tubuh sudah kelebihan asupan garam

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi garam yang berlebihan bisa menyebabkan datangnya masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengingat masalah kesehatan ini bisa berujung pada berbagai macam masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke, sebaiknya kita mulai mewaspadai tanda bahwa tubuh sudah kelebihan asupan garam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi memang cenderung lebih gurih dan asin. Sayangnya hal ini akan berimbas pada perubahan pada indera pengecap kita. Karena terbiasa mengonsumsi makanan yang gurih dan asin, makanan dengan kandungan garam lebih rendah akan terasa jauh lebih hambar dan tidak enak.

Pakar kesehatan Moloo Gazzaniga dari American Dietetic Association menyebut menambahkan garam pada berbagai makanan sehat yang rasanya kurang kuat seperti sayuran memang bisa membuatnya lebih enak, namun hal ini justru membuat lidah kita tak lagi mampu menerima rasa masakan yang lebih hambar.

Konsumsi garam yang berlebihan bisa membuat kadar natrium di dalam tubuh meningkat. Sayangnya, hal ini akan berimbas pada retensi cairan yang muncul pada berbagai bagian tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan berat badan seperti bertambah.

“Garam di dalam tubuh mampu menahan atau mengikat cairan. Jika hal ini terjadi pada bagian pencernaan, akan menyebabkan sensasi kembung yang tidak nyaman dan berlangsung cukup lama,” ucap Bonne Taub-Dix yan berasal dari Better Than Dieting.

Hanya saja, kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada mereka yang sudah dewasa atau berusia lanjut.

Jika kita sering mengalami sakit kepala tanpa tahu apa penyebabnya, sebaiknya kita mulai mempertahankan kebiasaan mengonsumsi garam sehari-hari. Jika konsumsi garam relatif tinggi, bisa jadi memang garam penyebabnya.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan kandungan di dalam garam, tepatnya natrium yang bisa memicu perubahan ukuran pada pembuluh darah, khususnya yang ada di kepala dan menuju otak. Jika sampai pembuluh darah menyempit, maka aliran darah juga akan terganggu sehingga akhirnya memicu sakit kepala.

Ternyata, kebiasaan mengonsumsi garam dengan berlebihan juga bisa membuat frekuensi buang air kecil meningkat. Fakta ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan dr. Matsuo Tomohiro yang berasal dari Nagasaki University, Jepang, pada tahun 2017.

Dalam penelitian ini, asupan garam dalam jumlah yang tinggi bisa membuat frekuensi buang air kecil naik dengan drastis. Bagi orang yang sudah berusia lanjut, kondisi ini bahkan bisa membuat mereka bolak-balik ke toilet di tengah malam, saat mereka sebenarnya sedang tidur malam.

“Mengurangi konsumsi garam hingga 25 persen sudah cukup untuk menurunkan frekuensi buang air kecil di malam hari,” saran dr. Tomohiro.

Konsumsi garam berlebihan akan menyebabkan retensi cairan yang berujung pada pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti jari-jari, mata, atau bahkan kaki.

Demi mencegah datangnya hipertensi atau berbagai kondisi kesehatan lainnya, sebaiknya memang kita menurunkan asupan garam setiap hari.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di.

Tags: Informasi Kesehatan

5 Cara Cegah Kanker, Salah Satunya Jangan Sering Makan Sate – TINTA SANTRI

Tinta Santri> Tinta Santri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Photo Source: Twitter/kepoinjakarta

TintaSantri.com– Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kasus kematian dini paling banyak di Indonesia adalah kanker. Masalahnya adalah penyakit ini seringkali dipicu oleh gaya hidup yang buruk. Karena alasan inilah kita harus benar-benar menjaga gaya hidup yang sehat demi menurunkan risiko kanker. Lantas, adakah hal-hal yang sebaiknya kita hindari demi mencegah datangnya penyakit ini?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berbagai cara yang bisa dilakukan demi mencegah kanker

Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan datangnya kanker. Sebagai contoh, faktor keturunan atau lingkungan bisa mempengaruhinya. Hanya saja, jika kita mau menghindari beberapa gaya hidup yang tidak sehat, risiko terkena penyakit ini pun bisa ditekan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menurunkan risiko kanker.

Sate termasuk dalam makanan yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang sangat nikmat. Selain itu, ada banyak sekali jenis sate yang bisa kita temukan di Tanah Air, dari sate ayam, sate kambing, sate kerbau, sate usus, sate kulit, dan lain-lain. Masalahnya adalah jika kita sering mengonsumsi sate, risiko terkena kanker bisa meningkat.

Hal ini disebabkan oleh cara pengolahan sate yang biasanya hingga sampai sedikit gosong. Meskipun bisa membuat rasanya menjadi lebih enak, hal ini membuat kandungan atom karbon dan kandungan karsinogen di dalamnya meningkat dengan signifikan.

Selain itu, jika kita membakar daging hingga lemaknya menetes ke arang atau pemanas, akan menyebabkan munculnya asap dengan kandungan PAH yang bisa menyebabkan datangnya kanker. Karena alasan inilah, meskipun baunya harum dan menyenangkan, sebaiknya kita tidak menghirup asap daging sate yang sedang dibakar.

Pewangi ruangan memang bisa membuat rumah tidak lagi berbau apek, namun pakar kesehatan menyebut penggunaan pewangi ruangan yang berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Bahkan, tak hanya pewangi ruangan, pewangi mobil juga bisa menyebabkan dampak yang sama.

Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam pewangi ruangan yang sebenarnya bisa menjadi sumber polutan. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan tubuh terpapar kandungan yang bisa menyebabkan datangnya kanker. Jika rumah kita juga tidak memiliki ventilasi yang baik, risiko untuk terkena kanker bahkan bisa meningkat dengan signifikan.

Minuman bersoda yang manis dan menyegarkan memang bisa meningkatkan risiko terkena kenaikan berat badan atau diabetes jika terlalu sering dikonsumsi, namun banyak orang yang tidak sadar jika minuman ini juga bisa meningkatkan risiko kanker.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan 4-methylimidazole yang berfungsi sebagai pewarna minuman bersoda. Kandungan ini ternyata bisa meningkatkan risiko terkena kanker paru dan leukemia. Karena alasan inilah sebaiknya kita menurunkan konsumsi minuman ini atau bahkan sebaiknya benar-benar menghindarinya.

Banyak kosmetik yang masih menggunakan bahan kimia bishpenol A atau BPA dan paraben. Berbagai kandungan ini bisa merusak keseimbangan hormon di dalam tubuh. Jika paparan dari bahan kimia ini cukup sering terjadi, dikhawatirkan bisa meningkatkan beberapa jenis penyakit seperti kanker payudara atau masalah kardiovaskular.

Polusi udara, khususnya dari gas buang kendaraan yang memiliki kandungan beracun seperti karbonmonoksida, karbondioksida, hidrokarbon, dan lain-lain bisa memicu kanker kulit dan kanker pada saluran pernapasan. Karena alasan inilah kita sebaiknya selalu memakai masker saat berada di dekat jalan atau saat menggunakan kendaraan roda dua.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di.

Tags: Informasi Kesehatan

Lidah Gatal Saat Makan Nanas, Berbahaya Atau Tidak? – TINTA SANTRI

Tinta Santri> Tinta Santri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Photo Source: Flickr/kylemcdonald

TintaSantri.com– Salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia adalah nanas. Tak hanya dimakan langsung, nanas sering ditemukan sebagai campuran rujak atau bahkan dijadikan jus. Bahkan, beberapa makanan seperti salad dan pizza juga menambahkan nanas demi membuatnya memiliki rasa yang lebih nikmat. Hanya saja, jika dicermati, kita akan merasakan sensasi tidak nyaman seperti gatal-gatal pada lidah dan bibir saat memakannya. Apakah hal ini berbahaya?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penyebab sensasi gatal pada mulut saat makan nanas

Ada banyak sekali jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa kita konsumsi. Sebagian di antaranya memiliki kandungan enzim yang bisa membantu tubuh memecah kandungan dari makanan seperti protein, lemak, atau karbohidrat. Hanya saja, terkadang keberadaan enzim-enzim ini juga bisa menyebabkan datangnya efek samping.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di dalam nanas, terdapat kandungan enzim bromelain yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk memecah protein. Hanya saja, kandungan enzim ini bisa menyebabkan sensasi gatal-gatal pada bibir atau lidah. Memang, sensasi gatal-gatal ini biasanya terasa ringan, namun cukup banyak yang mengaku tidak nyaman dengan kondisi ini.

Enzim bromelain bisa ditemukan di hampir seluruh bagian nanas, namun konsentrasi paling banyak ada di bagian tengah buah dengan warna cerah ini. Bagian ini biasanya yang paling terasa berserat dan keras meskipun masih bisa dikonsumsi sebagaimana bagian nanas lainnya.

Sebagian orang menyebut keberadaan air liur di dalam mulut bisa membantu meredakan sensasi gatal-gatal ini. Hal ini berarti, kita tidak perlu khawatir saat merasakannya saat makan nanas karena tidak akan menyebabkan dampak yang berbahaya.

Bisakah mencegah munculnya rasa gatal sebelum makan nanas?

Ada sebagian orang yang sengaja mengupas kulit nanas dan membiarkannya seharian karena menganggapnya bisa menghilangkan efek gatal-gatal saat mengonsumsinya. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tindakan ini memang terbukti cukup ampuh mencegah sensasi gatal.

Hanya saja, jika kita mengolah nanas seperti menghangatkannya atau memasaknya menjadi campuran makanan lainnya, akan memicu reaksi pada enzim bromelain ini. Hal ini diperkirakan bisa mencegah masalah gatal-gatal pada mulut saat mengonsumsinya.

Selain itu, jika kita mengolahnya menjadi smoothie, sensasi gatal-gatal saat makan nanas juga bisa dicegah.

Berbagai manfaat kesehatan makan nanas

Selain rasanya yang menyegarkan, pakar kesehatan menyebut ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita rutin makan nanas.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan tersebut.

Nanas termasuk dalam buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya yang sangat tinggi juga akan membuat tubuh lebih baik dalam melawan paparan buruk radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini.

Pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi nanas secara langsung, dijadikan jus, atau dicampur dengan yoghurt.

Di dalam nanas terdapat kandungan potasium yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena hipertensi. Selain itu, keberadaan kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi juga bisa memperbaiki kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko terkena kolesterol tinggi.

Nanas termasuk dalam buah yang sangat baik bagi program diet atau penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi bisa melancarkan pencernaan sekaligus merangsang proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Kandungan vitamin A yang sangat tinggi di dalam nanas bisa membantu menyehatkan mata dan mencegah datangnya gangguan penglihatan.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di.

Tags: Informasi Kesehatan

10 Contoh Cover Proposal Sederhana – TINTA SANTRI

Contoh Cover Proposal – Postingan artikel kali ini Ngadmin akan membagikan beberapa contoh cover proposal. Namun, sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa sih proposal itu?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Arti pokok dari proposal adalah sebuah rancangan yang dibuat untuk suatu kegiatan, baik itu perlombaan, seminar, bantuan dana, dan kegiatan lainnya agar rencana yang telah dibuat dapat berjalan dengan lancar sesuai yang tertulis dalam proposal.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Proposal tidak hanya digunakan untuk acara formal lembaga atau instansi, tetapi dapat berupa konsep atau sederhana sederhanya untuk setiap jenis kegiatan. Daftar isi proposal biasanya diawali dengan judul, tujuan, pengesahan, daftar isi, muatan program, anggaran, sasaran, manfaat dan penutup. 

Tujuan Proposal

Tujuan pembuatan Proposal adalah sebagai sarana permintaan izin dan persetujuan dari pihak lain mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Proposal juga sering dibuat untuk permohonan dana atau sponsorship melalui kerjasama dengan pihak lain. Atau juga dapat berupa pengajuan kegiatan yang akan dijalani secara bersama. 

Fungsi Proposal

Fungsi Proposal dilihat dari jenis dan bidangnya ada beberapa hal:

Proposal bisnis atau usaha, berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.

Proposal kegiatan, berfungsi sebagai dasar dalam melakukan tender, baik dari swasta atau lembaga pemerintah. Proposal kegiatan juga untuk menunjukkan rencana pada suatu acara.

Proposal penelitian, berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan budaya, ekonomi, sosial, agama dan bidang lainnya.

Proposal kegiatan, berfungsi untuk memberikan rencana dan gambaran mendetail mengenai suatu kegiatan ketika mengajukan bantuan dana untuk pelaksanaan kegiatan.

Jenis – Jenis Proposal

Proposal Usaha/Bisnis

Proposal usaha atau bisnis adalah jenis proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan rencana kerja, baik secara individu maupun kelompok. Jenis proposal ini dibuat untuk memberi gambaran usaha yang akan dikerjakan kepada pihak yang diajak kerjasama. Contohnya seperti proposal pendirian tempat usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dan sejenisnya.

Proposal kegiatan adalah jenis proposal yang umumnya dibuat, baik secara individu ataupun kelompok. Tujuan proposal jenis ini adalah untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. Dengan adanya proposal kegiatan akan membantu dalam penyusunan rencana program kegiatan yang akan diadakan. Contohnya seperti proposal 17 agustus, proposal maulid nabi, dan sebagainya.

Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah jenis proposal yang digunakan dalam bidang akademis. Jenis proposal ini diajukan untuk melakukan riset dan penelitian tentang topik seputar ilmu pengetahuan. Contoh proposal jenis ini adalah proposal penelitian skripsi, proposal penelitian riset pengembangan, dan proposal penelitian untuk tesis.

Proposal Proyek

Proposal proyek adalah proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Jenis proposal ini mirip dengan proposal usaha/bisnis. Bedanya proposal ini lebih fokus pada suatu proyek bisnis, pengajuan pembangunan dan sejenisnya. Contohnya seperti proposal proyek pendirian bangunan, proposal proyek izin pertambangan, proposal proyek pembangunan jalan dan sejenisnya.

Proposal BOP Sekolah atau Lembaga

Proposal BOP atau bantuan operasional lembaga biasanya dibuat untuk pengajuan bantuan operasional program pemerintah yang ditujukan kepada siswa atau lembaga sekolah. Program bantuan ini biasanya rutin diberikan oleh pemerintah tiap tahunnya tergantung jumlah siswa. 

Proposal Bantuan UMKM

Proposal UMKM biasanya digunakan untuk pengajuan bantuan dana usaha mikro kecil menengah dari pemerintah. Proposal UMKM hanya berisi tentang data-data ini seperti profil usaha, laporan usaha, KTP, NPWP, surat keterangan usaha, rekening dan lainnya. 

Download Contoh Cover Proposal

1. Contoh Cover Proposal Pengajuan Dana 

Download DOC Disini 

2. Contoh Cover Proposal Kegiatan 

Download DOC Disini 

3. Contoh Cover Proposal Penelitian 

Download DOC Disini 

4. Contoh Cover Proposal Wirausaha Makanan

5. Contoh Cover Proposal Skripsi

6. Contoh Cover Proposal Karya Tulis Ilmiah 

7. Contoh Cover Program Kreatifitas Mahasiswa 

8. Contoh Cover Proposal Pembangunan Gedung Download 

Download DOC Disini 

9. Contoh Cover Proposal Organisasi Intra Sekolah / OSIS Download 

Download DOC Disini 

10. Contoh Cover Proposal Bantuan UMKM Download 

Pentup

Itulah informasi mengenai contoh cover proposal sederhana 2021. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Cara Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab Di Kompter / Laptop – TINTA SANTRI

Advertisement. Scroll to continue reading.

Cara Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab di Kompter / Laptop – Bagi anda yang kuliah jurusan bahasa arab atau anda berprofesi sebagai desain grafis dan lain sebagainya pasti akan menemukan tugas / pesanan yang ada teks bahasa arabnya. Pasti disini anda membutuhkan penulisan menggunakan bahasa arab, akan tetepi di komputer anda belum diatur untuk settingan bahasa arab.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam kasus ini, solusinya adalah dengan Cara Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab di Kompter / Laptop. Sehingga anda dapat mengetikkan teks bahasa arab tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Caranya hanya cukup menambah bahasa arab pada komputer / labtop.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial tentang Cara Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab di Kompter / Laptop. Cara ini dapat dipraktekkan siapapun karena sangat mudah. Anda cukup mengikuti langkah – langkah yang admin berikan.

Baiklah berikut ini tutorial Cara Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab di Kompter / Laptop. Silahkan ikuti langkah – demi langkahnya:

1. Klik Logo Windows / Start – Klik Setting.

2. Selanjutnya Klik Time & Languange.

3. Kemudian Klik Languange.

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Scroll kebawah sedikit dan Klik Add Language

5. Selanjut pilih bahasa Arabic Saudi Arabia, setelah itu Klik Next

6. Kemudian silahkan Ceklis semua atau Ceklis bagian yang atas saja. Klik Install.

7. Tunggu beberapa saat hingga Language berhasil terisntall. 

Disini anda suah berhasil menambah Bahasa Arab di Komputer / Laptop anda. Nah, sekarang adalah mengaplikasikannya pada komputer agar Keboard menampilkan huruf Arab dan juga dapat mengetikkan huruf hijaiyah. Silahkan ikuti proses selanjutnya.

Apabila anda memilih bahasa arab maka keyboard juga akan menghasilkan huruf arab. Sedangkan anda belum hafal daftar huruf hijaiyah di keyboar komputer / laptop anda. Bagi yang keyboardnya sudah ada arabnya tidak perlu melakukan langkah ini, namun kebanyakan tidak ada huruf arab di keyboadnya, jadi langsung ikuti langkah yang kami berikan.

1. Klik Tombol Start / Logo Windows – Ketikkan On-Screen Keyboard.

2. Kemudian akan muncul Keboar virtual di Komputer / Laptop anda. Silahkan Minimize.

3. Selanjutnya Klik Icon Bahasa di Taskbar – Klik Arabic ( Saudir Arabia )

4. Buka On-Screen Keyboard lagi, maka hasilnya akan menampilkan huruf arab / hijaiyah.

Dengan ini anda dapat menuliskan teks Bahasa Arab dengan mudah karena huruf Hijiyah terlihat di layar monitor anda.

Baik, itulah serangkaian tutorial lengkap Cara Mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab di Kompter / Laptop hingga Cara Menampilkan Keboard Bahasa Arab dan Menuliskan teks Bahasa Arab di Komputer / Laptop. Silahkan dipraktekan, Selamat mencoba dan semoga Sukses !

6 Tips SEO YouTube Yang Harus Kamu Coba – TINTA SANTRI

Tips SEO YouTube yang Harus Kamu Coba – apa aja sih yang perlu kamu lakukan untuk mempraktikkan Tips SEO YouTube? Di sini, kita akan membahasnya secara lengkap. Saat kita mengunggah video kita ke channel YouTube, kita pasti berharap ditonton banyak orang.perlu kita ketahui bahwa setiap jamnya saja, ada 100 jam video baru yang diupload di sana. terlihat sangat sulit bagi kita untuk mendapatkan view video kita tanpa tips seo youtube.Tips SEO YouTube ini dapat membantu video kita muncul di posisi paling atas mesin pencarian.

Dengan begitu, video kita punya peluang lebih besar untuk diklik dan ditonton.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Inilah Best Youtube SEO tips yang Harus Kamu Coba
Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu menaikkan peringkat videomu di hasil pencarian YouTube:

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketika kamu sedang mencari video di YouTube, pasti kamu pernah melihat rekomendasi pencarian yang muncul seiring dengan keyword yang kamu ketik:Kelihatannya simple. Tapi, sebenarnya rekomendasi tersebut menampilkan keyword-keyword yang paling sering dicari oleh penonton YouTube.Nah, agar videomu lebih mudah untuk ditemukan, tentu videomu harus berisi keyword yang dicari oleh banyak orang, bukan?Itulah mengapa kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dulu. Untuk menemukan keyword yang tepat, kamu bisa menggunakan alat-alat seperti Ubersuggest atau Ahrefs.

Tapi ingat, jangan mengejar keyword semata-mata karena volume pencariannya tinggi saja. Kamu juga harus pastikan bahwa keywordnya sesuai dengan tema channelmu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tips SEO youtube selanjutnya adalah Sebelum memutuskan untuk memilih video, penonton pasti melihat judul dan thumbnail-nya terlebih dulu. Jika judul dan thumbnailnya menarik, mereka bisa tertarik untuk mengklik videonya.Dengan kata lain, semenarik apapun kontenmu, apabila judul dan thumbnailnya biasa saja, tak akan ada orang yang mau mengklik videonya.Oleh karena itu, pastikan kamu membuat judul yang catchy dan didukung oleh visual thumbnail yang menarik mata.Kalau kamu ingin membuat visual yang menarik, Canva adalah solusi yang tepat. Alat ini punya fitur editing yang cukup lengkap untuk membuat thumbnail video yang memanjakan mata.Tapi, walaupun tujuan utamanya adalah menarik penonton untuk mengklik video, jangan pernah gunakan judul dan thumbnail yang berbau clickbait. Karena hal ini bisa mendorong penonton untuk mengklik tombol dislike.

Oh ya, jangan lupa juga untuk menyimpan keyword di judul videonya. Sehingga, videomu menjadi relevan dengan yang keyword yang diketik penonton di kolom pencarian.

Selain memasang keyword di judul video, kamu juga perlu menuliskannya di kolom deskripsi.Mengapa demikian? Karena jika YouTube mendeteksi keyword tertentu di dalam deskripsi videomu, mereka dapat menetapkannya sebagai hasil yang relevan untuk keyword tersebut.Contohnya, berikut adalah deskripsi video yang muncul di peringkat pertama untuk keyword “belajar digital marketing”:Seperti yang terlihat di atas, si uploader menyebutkan keywordnya secara gamblang di awal deskripsinya.Mengapa harus di awal? tips seo youtube mengharuskan kita untuk meletakkannya di awal Karena deskripsinya hanya ditampilkan di 3 baris pertama. Selebihnya, penonton harus mengklik tombol Show More untuk melihat sisa deskripsinya.

Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan target keywordnya dengan jelas di awal deskripsi. Keywordnya pun harus terlihat natural dan nyambung dengan keseluruhan deskripsinya.

Saat membaca judul subheading ini mungkin kamu berpikir, “Ya pasti dong, masa videonya ga dibikin menarik?”Ironisnya, banyak pembuat video yang melewatkan tips yang satu ini. Mereka hanya berpikir bahwa yang penting mereka sudah membuat video yang bagus.Akan tetapi, mereka tidak berpikir apakah videonya menarik atau tidak untuk penonton.Menurut riset dari Backlinko, semakin lama penonton bertahan di videomu, semakin besar kemungkinan videomu direkomendasikan oleh YouTube.Hal ini wajar, karena YouTube pasti ingin merekomendasikan video yang dianggap menarik. Dan salah satu indikatornya adalah video yang sering ditonton sampai habis.Nah, jadi bagaimana cara membuat video yang menarik? Sederhana saja. Kamu hanya perlu mengobservasi video-video yang topiknya sama dengan yang kamu buat.Pastikan video-video yang kamu jadikan perbandingan punya catatan yang bagus. Contohnya seperti jumlah like atau jumlah views yang banyak.Setelah itu, kamu tinggal mencari tahu apa saja titik lemah dari video tersebut. Apakah materi videonya kurang detail? Atau mungkin visualnya masih bisa diperindah lagi?Nah, dari situ, kamu bisa mendapat inspirasi untuk membuat video yang menarik dibanding video kompetitor.

Untuk mengetahui apakah penonton bertahan lebih lama saat menonton video yang kamu buat, kamu bisa melihatnya di YouTube Analytics.

Hal lain yang dapat membantu YouTube untuk menampilkan videomu adalah dengan memasang kategori dan tag yang tepat. Cara ini juga direkomendasikan oleh YouTube Creator Academy.Walau kadang dianggap sama, sebenarnya kategori dan tag punya fungsi yang berbeda lho:Kategori berfungsi untuk menentukan klasifikasi videonya. Jadi, apakah videonya masuk ke kategori olahraga? makanan? atau musik?Tag berfungsi untuk memberitahu karakteristik kontennya. Contohnya, misalkan kamu membuat video tutorial membuat website. Kamu bisa memasang tag “edukasi”, “website”, “IT”, dan sejenisnya.Dengan begitu, videomu bisa semakin relevan dengan hasil pencarian penonton.Pastikan kamu menggunakan kategori dan tag yang sesuai dengan tema kontenmu. Dan akan lebih bagus lagi jika kamu memasang target keywordmu sebagai tag.

Jangan khawatir kehabisan inspirasi. Kamu bisa menemukan rekomendasi tag yang sesuai dengan kontenmu di alat seperti Keyword Tool atau Youtube Tag Generator.

Hore! Kamu sudah selesai membuat, mengoptimasi, dan mengunggah videomu. Apakah berarti semuanya sudah tuntas?Sayangnya, belum. Kamu bisa saja menunggu penonton datang sendiri ke videomu. Tapi, cara ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melonjakkan jumlah views mu.Sebaliknya, dengan menggunakan strategi jemput bola, videomu akan mampu untuk meraih views di awal publikasinya.Hal ini penting, karena agar YouTube bisa mengetahui apakah kontenmu layak ditampilkan di peringkat tinggi pada hasil pencarian, tentu mereka harus tahu dulu apakah kontenmu mampu untuk menarik pengunjung.Untuk itu, kamu harus mempromosikan videomu ke berbagai platform. Contohnya ke media sosial.Dengan menyebar link video ke Facebook, Instagram, atau LinkedIn, jumlah views yang kamu dapat akan lebih banyak.Tapi bukan berarti kamu harus menyebar linkmu ke semua platform. Justru kamu hanya perlu memilih platform yang benar-benar relevan dengan kontenmu saja.Selain mempromosikan videomu sendiri, kamu juga bisa mengajak penontonmu untuk membagikan videonya.Lalu bagaimana caranya agar mereka mau membagikan videomu? Tentu mereka akan melakukannya dengan senang hati jika videomu memang bermanfaat untuk mereka.

Jadi, kuncinya, ada di kualitas video yang kamu buat.

menaikkan peringkat videomu di YouTube. Sekarang waktunya untuk mempraktikkannya!Mulailah dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Lalu, buatlah video menarik berdasarkan keyword tersebut.

Jangan lupa mengoptimasi videonya dengan menyelipkan keyword ke dalam judul, thumbnail, deskripsi, dan tagnya. Setelah itu, kamu bisa mulai mempromosikan videonya ke berbagai platform.

amu juga bisa menggunakan youtube seo tools free untuk meningkatkan seo youtube anda, anda bisa menggunakan kata kunci youtube seo for beginners, how to optimize youtube channel di pencarian google sebagai refrensi.

Jump to section

Page 1 of 7

Tags: seoSEOyoutubeTips SEOyoutube

11 Manfaat Biji Mahoni Dan Efek Samping Yang Harus Diwaspadai – TINTA SANTRI

Tinta Santri> Tinta Santri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Photo Source: https://id.pinterest.com/

TintaSantri.com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan pohon mahoni. Selain dimanfaatkan bagian kayunya, ternyata banyak juga orang yang mengambil manfaat biji mahoni sebagai pengobatan. Biji mahoni dipercaya dapat meredakan berbagai gejala penyakit. Simak khasiat biji mahoni dan efek sampingnya berikut ini!

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sekilas tentang Mahoni

Mahoni (Swietenia macrophylla) adalah spesies tanaman dari keluarga Meliaceae. Mahoni memiliki bentuk pohon yang besar dengan tinggi pohon dapat mencapai 35-40 meter. Diameter dari pohon ini juga dapat sangat lebar hingga 125 cm.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kayu pohon mahoni memiliki kualitas yang cukup baik sehingga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan furniture. Selain memanfaatkan bagian kayunya, banyak juga masyarakat yang memanfaatkan buah mahoni, terutama bagian bijinya, untuk mengatasi berbagai penyakit.

Berbagai khasiat biji mahoni ini didapatkan dari berbagai kandungan senyawa dalam biji mahoni yang dapat bertindak sebagai antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan juga alkaloid.

Manfaat Biji Mahoni

Berkat kandungan senyawa yang ada di dalamnya, biji mahoni dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 11 manfaat biji mahoni untuk kesehatan!

1. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Kandungan flavonoid di dalam biji mahoni dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular atau peredaran darah.

Biji mahoni dipercaya dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan kolesterol, dan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Jika melihat pada manfaat biji mahoni tersebut, maka dapat dikatakan bahwa biji mahoni juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Mencegah peradangan

Manfaat biji mahoni yang kedua adalah dapat mencegah dan mengatasi peradangan.

Manfaat satu ini masih berhubungan dengan kandungan flavonoid dalam biji mahoni. Sifat antiinflamasi dari biji mahoni ini kemudian membuat biji mahoni sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit seperti demam dan pilek.

3. Mengontrol tekanan darah

Selain dapat memperlancar peredaran darah, biji mahoni juga banyak digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala. Namun penyakit ini harus tetap diwaspadai karena berpotensi memicu gangguan kronis lainnya. Jika Anda mengalami hipertensi dan menjalani pengobatan, Anda harus secara rutin memeriksakan tekanan darah.

4. Menurunkan risiko disfungsi seksual

Biji mahoni juga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko disfungsi ereksi.

Banyak sekali herbal dengan kandungan saponin yang digunakan untuk meningkatkan kejantanan pada pria, salah satunya adalah ginseng. Biji mahoni juga memiliki kandungan saponin yang tinggi sehingga banyak orang percaya bahwa salah satu manfaat biji mahoni adalah mengatasi disfungsi ereksi, terutama yang terkait dengan diabetes.

5. Mengatasi reaksi alergi

Khasiat biji mahoni selanjutnya adalah untuk mengatasi reaksi alergi.

Alergi merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang dianggap berbahaya. Kandungan saponin dalam biji mahoni dipercaya dapat bertindak sebagai antihistamin. Histamin adalah senyawa yang dihasilkan tubuh ketika alergi dan memicu berbagai reaksi alergi.

6. Mengatasi gangguan tidur

Gangguan tidur atau insomnia dapat disebabkan oleh berbagai sebab dan apabila dibiarkan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

Selain dapat bertindak sebagai antihistamin, senyawa saponin juga dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia. Saponin dipercaya dapat memberikan efek yang membuat otot menjadi lebih rileks sehingga kualitas tidur Anda juga dapat meningkat.

7. Mengontrol gula darah

Manfaat biji mahoni selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol gula darah sehingga dapat menjadi pilihan pengobatan untuk diabetes.

Jika Anda memiliki diabetes, Anda diharuskan untuk mengontrol gula darah. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan. Selain itu, banyak juga orang yang menambahkan herbal untuk membantu mengontrol gula darah.

Biji mahoni dapat menjadi salah satu pilihan herbal yang membantu kondisi ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saponin memiliki efek hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah, bahkan lebih baik dibandingkan jenis obat antidiabetes tertentu.

8. Mengatasi sembelit

Sembelit atau susah buang air besar dapat memicu masalah pencernaan lainnya.

Konsumsi biji mahoni dipercaya dapat mengatasi kondisi ini dan membuat pencernaan lebih baik. Umumnya kondisi ini sudah dapat membaik hanya dalam kurun waktu dua hari mengonsumsi serbuk mahoni yang dicampur dengan air hangat.

9. Meringankan nyeri haid

Konsumsi biji mahoni juga dipercaya efektif untuk mengatasi nyeri haid.

Nyeri haid adalah hal yang umum dialami oleh sebagian wanita. Apabila tidak diatasi, terkadang kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biji mahoni dapat dikonsumsi pada hari pertama siklus menstruasi untuk dapat membantu mengatasi nyeri haid.

10. Menangkal radikal bebas

Biji mahoni kaya akan antioksidan, artinya buah satu ini dapat membantu menangkal radikal bebas.

Paparan radikal bebas hampir tidak bisa dihindari. Maka dari itu, tubuh membutuhkan antioksidan untuk dapat mengikat radikal bebas dan mencegah radikal bebas menyebabkan kerusakan sel. Kandungan dalam biji mahoni mulai dari flavonoid, saponin, dan alkaloid, semuanya memiliki efek antioksidan.

11. Meningkatkan sistem imun tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting dilakukan.

Jika sistem imun menurun, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Biji mahoni dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih siap untuk melawan berbagai mikroorganisme yang dapat menyerang tubuh dan menyebabkan infeksi.

Efek Samping Biji Mahoni

Biji mahoni memang telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Sayangnya hingga kini masih sangat sedikit penelitian yang dapat membuktikan efektivitas dan keamanan dari penggunaan biji mahoni sebagai obat herbal.

Health Sciences Authority, Singapura, mencatat beberapa kasus cedera hati yang disebabkan oleh penggunaan biji mahoni. Tingkat keparahannya beragam mulai dari gangguan fungsi hati hingga gagal hati.

Kebanyakan pasien yang dilaporkan mengalami kondisi ini memiliki kondisi medis lainnya seperti diabetes, hipertensi, hiperlipidemia, hingga perlemakan hati dan sedang mengonsumsi obat lain. Diduga pasien menggunakan biji mahoni sebagai pengobatan pendamping dari kondisi medis yang dialaminya tersebut.

Mengingat masih kurangnya penelitian tentang efektivitas biji mahoni, sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakan tanaman ini. Jika Anda memiliki kondisi medis yang serius atau sedangkan mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan biji mahoni.

Sumber:

  1. HSA Updates on Reports of Liver Injury After Consumption of Mahogany Seeds (Sky Fruit)  -https://www.hsa.gov.sg/content/hsa/en/News_Events/Press_Releases/2018/mahoganyseedsskyfruit.html diakses 12 Juli 2019
  2. Mahogany Seed Benefits and Side Effects – http://skyfruitseed.com/mahogany-seed-benefits-and-side-effects/ diakses 12 Juli 2019
  3. Health Benefits and Side Effects of Sky Fruit Seeds – http://mahoganyseed.com/sky-fruit-seed-benefits-and-side-effects/ diakses 12 Juli 2019

Terima Kasih Telah Berkunjung Di.

Tags: Informasi Kesehatan