Anggota DPRD Kabupaten Malang Ajak Keluarga Miliki BPJS dan Tertib Adminduk

Malang (TintaSantri.com) – Raker yang digelar Ikatan Keluarga Bani Toyo (IKBAT) se-Malang Raya, Minggu (24/7/2022) di Dusun Wonorejo, Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Bani Toyo alias Sariman Delleng atau Mbah Toyo, adalah seorang pria asal Madura yang mendiami wilayah Malang bagian selatan sejak zaman penjajahan Belanda. Mbah Toyo saat itu memiliki 8 putra putri yang kini telah berlipat ganda hingga mencapai ribuan orang.

Seluruh keturunan Bani Toyo, saat ini tersebar dan mendiami tiga wilayah antara lain Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang (Malang Raya). Pada pertemuan akbar kedua tahun 2022 ini, ratusan keturunan Bani Toyo yang hadir terdiri dari cucu generasi ke-3, hingga generasi ke-6 atau biasa disebut Udhek-Udhek. Mayoritas keturunan Bani Toyo adalah orang Madura dan Jawa.

Ketua Pelaksana Reuni Ikatan Keluarga Bani Toyo (IKBAT), Tauhit mengatakan, pertemuan kedua di tahun 2022 ini sekaligus memperingati Haul Mbah Toyo dan sekaligus menjadi ajang berkumpulnya keluarga besar Bani Toyo.

“Reuni keluarga Bani Toyo ini untuk mempersatukan saudara-saudara kita, semoga kita lelah menyatukan saudara-saudara semua untuk mendapatkan ridho Allah SWT dan nantinya bisa berkumpul di surga bersama,” kata Tauhit.

Sementara itu, Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Malang, Mahrus Ali yang juga memiliki kerabat dengan Bani Toyo menjelaskan, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga di pedesaan, pihaknya berjanji akan mempermudah pengurusan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk). Khusus untuk warga di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Gedangan.

Menurut Gus Mahrus, sapaan akrab Keluarga Bani Toyo di kediaman Ustadz Solikin, Dusun Wonorejo, Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, harus dilanjutkan.

“Semua keluarga Bani Toyo harus bersatu. Terus menjalin silaturahim antar keluarga, sebagai dewan, pihaknya juga berharap seluruh keluarga Bani Toyo tertib Adminduk, dan memiliki kartu BPJS,” kata Gus Mahrus, Minggu (24/7/2022).

Gus Mahrus menegaskan, jenis dokumen pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil antara lain Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Tanda Penduduk Anak (KAI) dan lain-lain. “Kalau ada dari keluarga Bani Toyo yang tertarik untuk mengurusnya, segera kirimkan WhatsApp ke ponsel saya, selain mencantumkan nama keluarga Bani Toyo,” ujarnya.

Gus Mahrus mengatakan, selain dokumen Adminduk, pihaknya juga berharap setiap keluarga yang ingin bergabung dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tetapi merasa kesulitan, segera menghubunginya melalui koordinator keluarga.

“Bagi keluarga Bani Toyo yang belum mengurus BPJS, mohon berkoordinasi dengan masing-masing koordinator yang sudah saya sebutkan, baik yang ada di kecamatan Gedangan maupun Sumbermanjing Wetan,” ujarnya.

“Mari kita lanjutkan pertemuan keluarga besar Bani Toyo ini agar kedepannya silaturahim kita semakin erat dan bermanfaat,” pungkas Gus Mahrus. (jika Kapan)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *