Antisipasi Penggunaan Narkotika, ASN Pemkab Bojonegoro Akan Dites Urine

Bojonegoro (TintaSantri.com) – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (Pemkab) Bojonegoro, Kepala Satuan Pelaksana (Satlak) Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kabupaten Bojonegoro, Budi Irawanto akan melakukan tes urin untuk sejumlah ASN.

Hal ini merupakan bentuk keseriusan Kepala Satlak P4GN Kabupaten Bojonegoro dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bojonegoro. “Bojonegoro harus menata diri dengan mengawali penampilan yang baik dan mampu menunjukkan bahwa dirinya bersih dengan melakukan tes urine,” kata P4GN Bojonegoro Budi Irawanto (21/7/2022).

Kepala Satlak P4GN yang juga Wakil Bupati Bojonegoro ini menambahkan, wacana tes urine akan dilakukan di seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro termasuk Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro. “Hal ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa pegawai di lingkungan Pemkab Bojonegoro, termasuk bupati dan wakil bupati, baik pimpinan dinas maupun jajarannya harus bersih dari narkoba,” tambah Budi Irawanto.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Tuban, I Made Marjana menanggapi positif dan menyatakan siap bekerjasama dengan Pemkab Bojonegoro terkait wacana tes urine untuk ASN setempat.

Hal ini dinilai baik dalam rangka memerangi penyalahgunaan narkoba dalam hal pencegahan. Sesuai dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, Bakesbangpol disebut sebagai leading sector.

“Tes urinenya sangat bagus. Bisa dimulai dari salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau secara acak. Baik sebagai mitigasi maupun shock therapy di kalangan ASN. Kami di BNNK siap bekerja sama,” pungkasnya. [lus/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *