Berapa Harga Pasar Persid Jember?

Jember (TintaSantri.com) – Setiap klub sepak bola di dunia memiliki nilai pasar atau harga di pasar. Harga tersebut didasarkan pada perkiraan akumulasi nilai pasar dari setiap pemain yang memperkuat klub dalam satu musim.

Transfermarkt, situs yang mengkhususkan diri pada databanking profil tim, pemain, dan lalu lintas transfer pemain sepak bola di seluruh dunia, mengumpulkan semua data, termasuk untuk klub di Indonesia. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Djember (Persid), klub Liga 3 asal Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi salah satu yang terdaftar di situs tersebut.

Berdasarkan data Transfermarkt.co.id, harga pasaran Persid pada musim 2021 berkisar Rp. 434,54 juta. “Murah ya?” kata Rezky Pratama Hermansyah, Manajer Persid dan Ketua Harian Yayasan Wes Wayahe Jember Bangkit yang menaungi klub, tertulis, Minggu (24/7/2022).

Nominal tersebut tidak menunjukkan nilai sebenarnya dari Persid, karena hanya ada dua pemain yang tercatat dalam data Transfermarkt, yakni Figo Sapta Fahrezi (gelandang serang) dan Ghifari Vaiz (penyerang). Rp 434,54 juta adalah perkiraan harga pasar Figo.

“Memang yang terdaftar di Transfermarkt adalah pemain yang pernah bermain di Liga 1 dan Liga 2 yang sudah kami ambil. Jadi nilai jualnya ada. Tidak ada data pemain amatir,” kata Rezky. Figo sebelum bermain untuk Persid sempat memperkuat Persija dan Kalteng Putra. Sedangkan Ghifari pernah bermain untuk Persela dan Mitra Kutai Kartanegara.

Pada musim 2022, Persid akan diperkuat oleh Zaka Mabruri, pemain kelahiran Lamongan yang berposisi sebagai bek kiri. Sebelumnya ia bermain untuk Muba Babel United FC dan sempat memperkuat Hizbul Wathan di bawah asuhan Herrie Setyawan. “Kalau namanya kita masukkan ke data untuk PSSI Asprov Jatim, otomatis akan masuk ke data Transfermarkt,” kata Rezky.

Menurut Rezky, keberadaan pemain yang pernah bermain di klub Liga 1 sangat penting bagi Persid, karena akan meningkatkan nilai klub. “Ketika tim dari Liga 1 dan Liga 2 melihat pemain tertentu yang pernah bermain untuk Persid Jember, tim Liga 1 dan Liga 2 otomatis tahu tentang Persid. Mereka bisa melihat tim mana di Jawa Timur yang sudah masuk Transfermarkt,” ujarnya. [wir/ted]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *