Bupati Hendy Berharap Tahun Ini Jember Punya Perda RT/RW

Jember (TintaSantri.com) – Pembaruan Peraturan Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang diperbarui terus ditagih oleh DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bupati Hendy Siswanto berharap tahun ini perda tersebut bisa disahkan.

“Langkah panjang proses pengesahan RTRW Kabupaten Jember berpedoman pada Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional Nomor 11 Tahun 2021,” kata Hendy, tertulis Senin (25/7/2022). .

Menurut Hendy, penyusunan Perda RTRW Kabupaten Jember yang dilakukan pada Tahun Anggaran 2021 telah menghasilkan output berupa materi teknis, album peta dan rancangan peraturan daerah.

“Selanjutnya pada tahun 2022 akan dilakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagai dokumen pendamping Materi Teknis RTRW yang saat ini sedang dalam proses pengesahan oleh Gubernur,” ujarnya.

Hendy menegaskan, dokumen materi teknis RTRW dan KLHS diserahkan ke Kementerian ATR/BPN untuk mendapatkan Persetujuan Substansi. “Diharapkan tahun ini Kabupaten Jember sudah memiliki Peraturan Daerah tentang RTRW Kabupaten Jember,” ujarnya.

Sebelumnya, David Handoko Seto, juru bicara Fraksi Nasional Demokrat, mengingatkan Pemkab Jember untuk segera menerbitkan Perda tentang RDTR (Rincian Tata Ruang) setelah merevisi Perda RTRW.

“Hal ini sangat penting untuk kelangsungan penataan kawasan di Kabupaten Jember ke depan dan memberikan jaminan keamanan bagi investasi yang sehat di Kabupaten Jember,” ujarnya.

Nasdem juga meminta agar segera ada perumusan penataan PKL. “Terutama di kawasan-kawasan strategis dan ruas-ruas penting di Kabupaten Jember,” kata David.

Sementara itu, Fraksi Gerakan Berkarya Indonesia melalui juru bicaranya Alfian Andri Wijaya menegaskan anggaran revisi Perda RTRW telah dialokasikan sangat besar dan terserap seluruhnya.

“Tapi hasilnya nihil alias nol besar. Kami khawatir, mungkin ada upaya kesengajaan untuk menghambat realisasi revisi RTRW dan RDTR untuk tujuan tertentu? Mudah-mudahan tidak,” ujarnya. [wir/ted]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *