Cara Mudah Mengatasi Keadaan Baby Blues pada Ibu Menyusui

Surabaya (TintaSantri.com) – Sesuatu yang sering ditakuti ibu setelah melahirkan adalah mengalami Baby blues. Namun, itu bukan fase yang harus dilalui semua ibu.

Baby blues hanya muncul pada beberapa orang sehingga tidak semua wanita mengalami Baby blues. Namun biasanya masalah Baby Blues bisa hilang dalam waktu dua minggu.

Saat seseorang mengalami baby blues, berikut beberapa cara untuk mencegahnya:

Pertahankan kualitas tidur yang baik

Tidur dapat membantu memberikan kelegaan pada tubuh sehingga tidur yang cukup adalah penting. Penting bagi ibu untuk memperhatikan waktu yang cukup dengan baik.

Meski harus mengurus anak, ibu bisa mendapatkan manfaat dari istirahat bersama saat anak tidur. Komunikasikan dengan pasangan, jika anak bangun dan mengompol saat ibu masih butuh tidur. Perlu adanya kerjasama antar pasangan untuk mengasuh anak.

Kerjasama tidak menanggung segalanya sendirian

Pandangan bahwa ibu harus bisa melakukan segalanya mungkin menjadi masalah bagi mereka yang baru saja melahirkan. Selama dalam pemulihan, hindari memaksakan diri untuk melakukan semuanya sendiri, kerjakan saja sesuai kemampuan Anda. Jika Anda merasa kewalahan mengurus anak atau pekerjaan rumah tangga, beri tahu pasangan atau keluarga Anda.

Temukan dan beri tahu sistem pendukung

Biasakan berkomunikasi dengan lingkungan atau sesama ibu yang baru saja melahirkan. Pentingnya memiliki komunitas untuk bertukar cerita tentang perasaan yang dialami sehingga beban berpikir menjadi lebih ringan.

Sebagai seorang ibu, tentu Anda senang dengan kehadiran si kecil, namun mungkin muncul beberapa kebiasaan atau perasaan yang berbeda. Ini adalah fase adaptasi yang mungkin dialami.

Oleh karena itu, Baby blues masih dikatakan sebagai hal yang biasa dialami oleh banyak ibu lainnya. Meski tidak mudah, namun dukungan fisik dan moral dari orang-orang akan membantu Anda melewatinya.

Bangun gaya hidup dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur

Dengan kehidupan baru, tentunya mengubah kebiasaan. Mulailah membangun hal-hal positif, salah satunya adalah berolahraga. Olahraga penting untuk menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.

Padahal, olahraga teratur dapat mengalihkan perhatian dan kekhawatiran serta meningkatkan mood dan kualitas tidur. Selain itu, kita perlu menyeimbangkannya dengan konsumsi makanan sehat agar mood kita bisa terkontrol. (PRD/ian)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *