DKD Gerakan Pramuka Jawa Timur Gelar KPDK di Sumenep

Sumenep (TintaSantri.com) – Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka Jawa Timur menyelenggarakan Kursus Pengurusan Dewan Kerja (KPDK) Tingkat Jawa Timur di STKIP PGRI Kemahasiswaan Graha Sumenep.

Kegiatan berupa diklat manajemen atau kepengurusan organisasi Dewan Kerja Pramuka ini diikuti oleh 76 peserta dari 17 Perwakilan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Ketua Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Roby Pradana mengatakan, KPDK merupakan salah satu alat dalam dewan kerja dalam mempelajari dinamika untuk mengembangkan keilmuan manajemen organisasi di dewan kerja itu sendiri.

“Kami yakin KPDK ini bisa menjadi sarana bagi dewan kerja untuk mengelola kaderisasi di dewan kerjanya sendiri. Anggota DKC ini dibekali untuk mampu mengelola organisasi dewan kerja Pramuka dengan baik,” ujarnya, Jumat (22/7/2022).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sumenep, Ach. Fauzi. Hadir dalam pembukaan KPDK tersebut, Pimpinan Daerah Pramuka Jawa Timur diwakili oleh Wakil Ketua Bela Negara dan Gudep Perguruan Tinggi Kwarda Jawa Timur, Zamzami Sabiq, kemudian seluruh jajaran Kwartir Gerakan Pramuka Sumenep Cabang Pimpinan serta badan Kwartir yang lengkap yaitu Dewan Kerja Daerah dan Dewan Kerja Cabang. .

“KPDK ini dilaksanakan di daerah setiap 2 tahun sekali. Tahun ini kami memilih Sumenep sebagai tuan rumah karena kami melihat kesiapan dewan kerja cabangnya, serta dukungan dari pemerintah dan Kwartir Cabangnya,” kata Roby.

Sementara itu, Ketua DKC Sumenep, Muhammad Romli mengatakan, DKC Sumenep menyatakan siap menjadi tuan rumah karena yakin DKC Sumenep memiliki sumber daya yang cukup. Selain itu, ada dukungan dari Kwarcab Sumenep dan Pemerintah Kabupaten Sumenep. “Saya yakin jika kegiatan yang diadakan di Sumenep ini akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

KPDK tahun ini mengangkat tema Rovering to Anspairing dengan harapan para peserta dapat mengikuti pembelajaran sehingga dapat menjadi inspirasi di dewan kerjanya. [tem/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *