DPMPTSP Kolaborasi dengan HIPMI Kota Kediri Beri Pembekalan Berusaha

Kediri (TintaSantri.com) – Sebanyak 90 orang dari kalangan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Kediri mengikuti Workshop Pembekalan Usaha yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri, Kamis (21 /7/2022).

Bertempat di Lotus Hotel Ballroom, acara menghadirkan tiga nara sumber yang akan menyampaikan materi perpajakan dan perizinan berusaha, antara lain: Antonius Atet Wiyono dan Dahniar Kusumastuti dari KPP Pratama Kediri yang menjelaskan tentang Pelaporan Pajak Badan, dan Anggi dari DPMPTSP Kota Kediri yang menjelaskan Pengenalan Dasar-dasar RBA OSS dan Pelaporan LKPM.

Edi Darmasto, Ketua DPMPTSP Kota Kediri menjelaskan, wirausaha muda memiliki peran yang sangat strategis ke depan. Pengusaha muda dapat mendongkrak perekonomian nasional, dibarengi dengan penguatan tenaga kerja produktif yang terus berkembang, serta industri baru yang digagas oleh pengusaha muda.

“Pemerintah Kota Kediri sangat mendukung tumbuh dan berkembangnya dunia usaha di Kota Kediri, oleh karena itu tujuan dari workshop ini adalah membekali peserta dengan pengetahuan terkait penerapan kebijakan perizinan berusaha berbasis risiko dan untuk meningkatkan nilai investasi. realisasinya,” jelas Edi.

Sebagai upaya mendukung misi Walikota Kediri dalam penguatan perekonomian daerah, DPMPTSP telah menginisiasi sejumlah inovasi pelayanan perizinan, antara lain: Pendampingan Pengisian LKPM Online Dibantu Sampai Lancar (Apelin Pacar), Pemberian Perizinan Penyandang Disabilitas Lebih Vital (Empowered), Cek Lokasi Live dengan Drone dan Aplikasi Zoom untuk Pelayanan Perizinan Terpadu (Celengan Rindu).

Sistem Terintegrasi untuk Pengguna dan Instansi dengan Persyaratan Yang Diambil dan Izin yang Disampaikan (Isti Pintar), Layanan Umum Bergerak (MPS), Poliklinik Informasi dan Layanan Pemecahan Masalah (Investasi Polin In Lop), Layanan Bimbingan Bisnis Respon Cepat Mengunjungi Tempat Kegiatan Usaha (Bersedia Ayo), dan Sistem Pembayaran Non Tunai Elektronik (Sinonic).

“Saat ini pelayanan perizinan sudah dipermudah, misalnya mengurus NIB dalam hitungan menit sudah selesai. Tapi jangan membuatnya mudah. Saya menyarankan agar kegiatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga berdampak baik bagi pelaku usaha dan peserta yang hadir,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan wirausahawan di Kota Kediri sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Kediri.

Pada kesempatan yang sama, Alvian Dwi Guntara Putra, Ketua PBC HIPMI Kota Kediri menyampaikan terima kasih kepada DPMPTSP Kota Kediri atas berbagai kegiatan fasilitasi dan pendampingan bagi seluruh pengusaha di Kota Kediri.

“Saya sendiri sebagai pelaku usaha merasa DPMPTSP selalu mengadakan kegiatan Bimtek lebih dari sekali dalam sebulan. Kami merasa sangat terbantu,” kata Alvian.

Masih kata Alvian, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini DPMPTSP dengan PBC HIPMI Kota Kediri. Pembekalan ditujukan bagi pelaku UMKM yang belum memiliki izin usaha atau yang mengalami kendala dalam proses perizinan.

“Sebenarnya bukan hanya UMKM, tapi teman-teman yang usahanya sudah menjalankan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) macet dan ada yang belum terverifikasi, akan kami dampingi hingga terverifikasi atau tersertifikasi,” kata Alvian.

Workshop direncanakan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama ini, peserta mendapatkan materi tentang bantuan perpajakan dan kewajiban apa saja yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha. Bahkan, hari ini juga ada penjelasan materiil tentang tahapan pembukaan saya hingga penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Sedangkan pada hari kedua, Jumat (22/7/2022), peserta akan mendapatkan materi teknis pengajuan izin yang akan didampingi langsung oleh fasilitator di masing-masing meja. Sehingga jika ada kendala akan dibimbing secara maksimal.

HIPMI sendiri merupakan organisasi yang didirikan pada tanggal 10 Juni 1972 yang dilandasi oleh semangat menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan pemuda. Ia berharap sinergi dan kerjasama antara Pemkot Kediri dengan HIPMI semakin terjalin dengan baik. [nm/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *