Elite Gerindra – PKB Kembali Bertemu, Bahas Piagam Deklarasi

Jakarta (TintaSantri.com) – Kolaborasi antara Gerindra dan PKB terus menunjukkan kemajuan. Kedua elite parpol kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang akan diresmikan dalam waktu dekat.

“Alhamdulillah kita bertemu kembali untuk membahas pokok-pokok Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang mengapa kita harus bahu-membahu menghadapi Pemilu 2024. Ini penting karena kita tidak ingin kerja sama kita hanya sekedar pragmatisme politik, tapi lebih dari itu. Oleh karena itu, kita sangat ingin koalisi kita memberikan opsi manfaat yang lebih besar kepada Indonesia,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda, Selasa (26/7). /2022).

Dari informasi yang dihimpun, pertemuan itu digelar di satu tempat di kawasan Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra, hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sementara dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

Huda mengatakan Piagam Deklarasi itu penting karena menjadi landasan kerjasama antara Gerindra dan PKB. Piagam Deklarasi juga akan menyebutkan langkah-langkah kerja sama politik yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak. “Piagam Deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi dasar kerjasama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam kesepakatan yang lebih rinci di kemudian hari,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, pertemuan itu juga membahas waktu peresmian deklarasi. Sesuai dengan budaya nusantara, pemilihan waktu ini diperhitungkan dengan matang sehingga memenuhi unsur kebaikan baik dari sisi spiritual maupun taktis politik. “Kami memang niatkan kerjasama ini menjadi hal yang baik, makanya kami perhitungkan dengan matang dari berbagai dimensi agar nantinya hasilnya juga bagus untuk Indonesia,” ujarnya.

Namun, Huda belum bersedia membocorkan waktu peresmian deklarasi. Dia hanya menyebutkan bahwa peresmian deklarasi tidak akan melewati Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022. ,” dia berkata.

Sebelumnya, isu koalisi Gerindra dan PKB mengemuka usai pertemuan Ketua Umum DPP Gerindra dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar di Kertanegara, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, baik Prabowo maupun Muhaimin Iskandar menekankan kecocokan mereka dalam bekerja sama menghadapi Pemilu 2024. Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan elite kedua pihak di Hotel Mulia, Rabu (22/6/2022). Kerja sama kedua pihak diperkuat saat digelar pertemuan antara pengurus pusat dan daerah masing-masing pihak di Gedung Senamata, Kwitang, (30/6/2022). [hen/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *