Fakta Unik Anak Kedua, Ternyata Banyak yang Tak Menyadarinya

Surabaya (TintaSantri.com) – Anak adalah anugerah yang diberikan Tuhan sejak kelahiran pertama, kedua hingga ketiga, mereka memiliki karakter masing-masing. Biasanya anak pertama dikenal sebagai sosok pekerja keras karena menjadi andalan orang tuanya. Sedangkan anak terakhir dianggap paling manja. Lalu, bagaimana dengan karakter anak kedua atau anak tengah? Berikut beberapa fakta unik tentang anak tengah.

Memiliki kakak laki-laki membuat anak tengah lebih sopan dan hormat karena ia berada di bawah pengawasan tiga orang dewasa dalam keluarga. Hanya saja, di sisi lain, ia tetap dituntut untuk dewasa dan mengalah karena ia memiliki seorang adik laki-laki yang harus diurus.

Cenderung Lebih Bebas

Dari anak pertama yang telah mendapatkan pengalaman dari pengasuhan yang cermat dan tegas. Biasanya orang tua akan lebih leluasa pada anak kedua. Hanya saja, ketika anak pertama sudah bisa melakukan semuanya sendiri, perhatian orang tua lebih baik diberikan kepada anak kedua.

Keberanian Muncul pada Anak Kedua

Berbicara tentang harapan orang tua, sepertinya semua anak memiliki perasaan yang sama. Namun, seringkali anak kedua dibekali dengan keberanian lebih. Kadang-kadang, mereka mungkin menentang perintah orang tua mereka karena mereka merasa terlalu terbebani. Tapi, pada akhirnya mereka tetap menjelaskan alasan melakukannya.

Lebih aktif

Anak kedua bisa dikatakan lebih aktif daripada kedua saudara kandungnya. Itulah alasan anak kedua cenderung memiliki tekanan darah dan berat badan yang lebih rendah dibandingkan saudara kandungnya. .

Keterampilan Sosial yang Baik

Fakta anak kedua tentang keterampilan sosial. Mereka lahir dengan jumlah keluarga yang banyak karena tidak hanya ayah dan ibu. Hal inilah yang membuat anak kedua cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dibandingkan dengan kakak dan adiknya. Selain itu, mereka akan merasa lebih bahagia ketika berada di keramaian karena menunjukkan jati diri mereka yang sebenarnya.

Kurang Perhatian

Perhatian yang didapat anak kedua tidak sebanyak anak pertama atau ketiga. Namun, inilah yang membentuk mereka menjadi anak yang mandiri dan cerdas dengan memanfaatkan apa yang mereka miliki. (PRD/ian)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *