Festival Kali Brantas 2022 Dibuka, Wali Kota Kediri : Harus Jadi Agenda Tahunan Untuk Melestarikan Budaya di Sepanjang Sungai Brantas

Kediri (TintaSantri.com) – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar meresmikan Festival Kali Brantas 2022, di Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Rabu (27/7/2022). Festival Kali Brantas 2022 bertajuk ‘Bhineka Tunggal Ika’ digagas oleh UNP Kediri untuk melestarikan budaya Kediri. Sekaligus memeriahkan HUT Kota Kediri ke 1143.

“Terima kasih UNP Kediri telah mengadakan Festival Kali Brantas. Acara seperti ini harus ada karena kita dianugerahi Sungai Brantas yang luar biasa. Dimana sungai ini tidak pernah surut dan menjadi sumber kehidupan kita semua,” ujarnya.

Abdullah Abu Bakar mendukung Festival Kali Brantas menjadi festival tahunan. Sungai Brantas sendiri memiliki banyak budaya yang harus dilestarikan melalui festival seperti ini. Akan lebih indah lagi jika ke depan diadakan Festival Kali Brantas di tepi sungai Brantas. Dimana sudah ada Taman Brantas sebagai tempat umum yang dapat digunakan.

“Saya berharap ke depannya acara ini diadakan di Taman Brantas. Pasti lebih keren dan tentunya masyarakat luas bisa menonton. Mungkin lebih inklusif,” ujarnya.

Walikota Kediri menambahkan, UNP Kediri telah mendedikasikan banyak hal untuk Kota Kediri. Termasuk sejarah dan budaya yang ada di kota Kediri. Diharapkan kedepannya UNP Kediri tidak hanya mengadakan event untuk melestarikan budaya tetapi juga menghidupkan perekonomian Kota Kediri.

“Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi event-event keren lainnya. Saya kira dengan cara ini perekonomian akan berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Rektor UNP Kediri, Zainal Afandi. Sungai Brantas telah memberikan manfaat bagi warga. Oleh karena itu, seni, budaya, dan tradisi yang berkembang di sepanjang Sungai Brantas harus menjadi sumber inspirasi dan kreativitas. Ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat Kediri.

“Semoga ini bisa dilakukan secara rutin dan memeriahkan hari jadi Kota Kediri. Setiap tanggal 27 Juli yang diperingati sebagai Hari Jadi Kota Kediri, termasuk pengabdian UNP Kediri termasuk Upacara Manusuk Sima. Dimana dulu memperingati HUT Kota Kediri,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar juga membacakan puisinya. Puisi tersebut mengandung pesan bahwa generasi muda khususnya pelajar memiliki mimpi dan selalu berusaha untuk mencapai mimpinya. Sementara itu, Festival Kali Brantas 2022 sendiri diisi dengan drama tari, pertunjukan teater, dan pertunjukan tari kreatif.

Turut hadir dalam kegiatan ini civitas akademika UNP PGRI Kediri, Kepala Desa Mojoroto Ahmad Koharudin, dan tamu undangan lainnya. [nm/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *