Gelontorkan Rp19 Miliar, Dindik Ponorogo Bakal Perbaiki 18 Sekolah Rusak

Ponorogo (TintaSantri.com) – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ponorogo akan merehabilitasi gedung Sekolah Dasar (SD) negeri yang rusak. Anggaran perbaikan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022. Tercatat 18 titik akan direhabilitasi menggunakan DAK 2022.

Dari jumlah tersebut, total biaya mencapai Rp. 19 miliar. “Ada anggaran untuk perbaikan tahun ini dari DAK 2022. Jumlahnya 18 titik dengan nilai Rp 19 miliar,” kata Kepala Bidang Pembinaan SD Dindik Kabupaten Ponorogo, Edy Suprianto, Selasa (26/7/ 2022).

Edy mengatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan, dengan konsultan, pengawas dan pelaksana. Diantaranya SDN 2 Trisono, SDN 3 Lembah, SDN 3 Bekare dan SDN 2 Sukorejo. “Tahapnya akan diperiksa konsultan pada 25-28 Juli 2022. Selanjutnya akan dilakukan pekerjaan fisik,” kata mantan kepala SMPN Mlarak ini.

Kerusakan yang mendapat rehabilitasi ini, kata Edy, adalah gedung SD yang mengalami kerusakan sedang hingga berat. Rata-rata yang akan dibangun adalah ruang kelas dan kamar mandi. Ada juga perbaikan pada kantor kepala sekolah. “Kerusakan di 18 titik tersebut tergolong sedang hingga parah,” katanya.

Sebanyak 18 titik yang akan menerima rehabilitasi merupakan usulan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo pada tahun 2021 melalui aplikasi Krisna. Tahun lalu, Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo mengajukan 40 poin untuk perbaikan. Mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah.

Namun, baru 18 poin yang direalisasikan dibiayai negara. “Tahun lalu ada 40 titik yang diusulkan, mulai dari kerusakan ringan hingga berat. Jadi yang terealisasi baru 18 poin,” pungkas Edy. [end/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *