Gus Muhdlor Buka Seminar Bisnis Digital Marketing ‘Muda Berdaya, UMKM Berjaya’

Sidoarjo (TintaSantri.com) – Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) membuka secara resmi Seminar Digital Marketing dan Boothcamp Intako Digital Marketing Academy di aula gedung Intako, Minggu (31/7/2022).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo, Kepala BPC Hipmi Sidoarjo Muhammad Dian Felani dan Yayasan Lintangsongo serta Pimpinan Intako.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali mengatakan kegiatan seperti ini dapat membantu tumbuh kembang UKM di Sidoarjo. Dari data yang ada, UMKM memiliki potensi yang sangat tinggi untuk produk domestik bruto nasional, 60% di antaranya berasal dari UMKM. “Kalau mau memajukan bangsa ini, maka majukan UMKM, semuanya akan maju,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Gus Muhdlor juga menjelaskan bahwa dari tahun 2019 hingga saat ini pemetaan kendala yang sering terjadi pada pelaku UMKM adalah permodalan, pemasaran dan digitalisasi, serta bahan baku.

“Ada tiga penyakit UMKM yaitu permodalan, pemasaran yang tidak jelas dan yang terakhir bahan baku. Semoga dengan adanya seminar ini para pelaku UMKM dapat terbantu untuk mengatasi permasalahan tersebut,” tambah Gus Muhdlor.

Alumni Unair Surabaya ini melanjutkan, jika pelaku UMKM kesulitan mendapatkan modal, bisa mengajukan permodalan ke BPR Delta Arta. Karena di 17 program Bupati ada Program CINTA KURDA. Program ini membantu permodalan UMKM Sidoarjo untuk semakin berkembang.

Selain itu, Gus Muhdlor berharap generasi muda Sidoarjo lebih giat lagi dalam menyelenggarakan dan mengimplementasikan digital marketing bagi UMKM di Sidoarjo. “Intako dan 200 UMKM di bawahnya dijamin mendapat prioritas KURDA TUNDA, silahkan berkunjung ke Delta Arta,” pinta putra KH Agoes Ali Masyhuri.

Gus Muhdlor berharap kegiatan semacam ini dapat membantu para pelaku UMKM Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya sebagai UMKM yang maju dan berkembang. “Yang terpenting dengan adanya kegiatan ini, langsung mudik, dan semoga bisa membantu program UMKM untuk maju ke kelas, itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga sukses untuk semua dan akhir untuk kebanggaan Kabupaten Sidoarjo,” dia menyimpulkan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua BPC HIPMI Sidoarjo Muhammad Dian Felani menegaskan akan mengawal perkembangan UMKM Intako, membantu memasarkannya ke pasar luar negeri.

Menurutnya, produksi yang dihasilkan UMKM Intako masih melalui proses kurasi. Hasil produksi akan ditampilkan di beberapa negara yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dengan HIPMI Sidoarjo

Keberadaan HIPMI Sidoarjo juga harus dekat dengan peran pelaku UMKM dan berkontribusi bagi kemajuan UMKM lokal. “Keberadaan HIPMI harus menjadi sarana untuk mempromosikan potensi produk UMKM kepada masyarakat luas,” tambahnya. (satu/jika)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *