Gus Muhdlor Pimpin Pembongkaran Puluhan Bangunan Sepanjang Pertigaan Bangah Aloha

Sidoarjo (TintaSantri.com) – Pemblokiran pelebaran pertigaan Bangah-Aloha, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo sudah mulai dibongkar. Alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo dikerahkan, merobohkan lima kios kosong yang ditinggalkan pemiliknya.

27 Juli 2022 adalah batas waktu bagi pemilik lapak untuk mengosongkan lapaknya. Pembongkaran dipimpin langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP, Kamis (21/7/2022).

Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor mengatakan pelebaran pertigaan Bangah-Aloha akan meminimalisir kemacetan. Namun, dengan berat hati mereka harus membongkar kios-kios yang menghalangi pelebaran jalan tersebut.

Karena itu, Gus Muhdlor meminta agar pembongkaran lapak dilakukan secara manusiawi. Ada 58 kios yang terkena proyek pelebaran jalan.

“Proses ini (pembongkaran lapak) dilakukan dengan sangat manusiawi, dari 58 pemilik los ada 28 pemilik KTP Sidoarjo, semuanya sudah diberikan dana spiritual dan fasilitasi untuk pemindahannya,” ujarnya.

Gus Muhdlor menambahkan, Pemkab Sidoarjo telah menyediakan tempat relokasi bagi pemilik lapak agar bisa melanjutkan usahanya. Terletak di Pasar Kedungrejo, Kecamatan Waru. Pemindahan tersebut juga akan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Kami terpaksa melakukan ini bukan karena bupati, tapi ini semua untuk masyarakat Sidoarjo dan aspirasi masyarakat Sidoarjo tentang kemacetan di sini,” katanya.

Gus Muhdlor juga mengucapkan terima kasih kepada pemilik lapak yang lega karena kiosnya dibongkar. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tidak akan menutup mata atas ketulusan para pemilik warung.

“Semoga ini menjadi amal mereka, mereka ikhlas menerima lapak yang sudah ditempati untuk digunakan pelebaran jalan Bangah-Aloha,” terang putra KH Agoes Ali Masyhuri Bumi Shalawat ini.

Gus Muhdlor juga mengatakan, proyek pelebaran jalan Bangah-Aloha merupakan bagian dari proyek strategis nasional. Agustus sudah mulai bekerja. Ditargetkan pelebaran jalan Bangah-Aloha akan selesai dalam tiga bulan ke depan.

“Terima kasih kepada TNI AL yang telah mendukung penuh proyek pelebaran jalan ini,” ujarnya.

Saiful, salah satu pemilik lapak, mengaku lega melihat pembongkaran tersebut. Pemilik usaha jasa peralatan masak mendukung pelebaran jalan untuk kepentingan masyarakat luas. Meski katanya sempat terjadi gejolak dari para pedagang. Namun, dengan tawaran dari Pemkab Sidoarjo, para pedagang akhirnya setuju.

“Kita diberikan tempat relokasi di Pasar Waru Kedungrejo, ada juga gratis biaya sewa selama 5 bulan atau sampai akhir tahun,” imbuhnya. [isa/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *