Hebatnya Sirkuit Motocross Jotosanur Lamongan, Lintasan Terpanjang di Indonesia

Lamongan (TintaSantri.com) – Kejuaraan Nasional Motocross (Kejurnas) Seri 1 akan digelar di Jotosanur Sirkuit Primkop Sukowo Kodim 0812 Lamongan, pada 6-7 Agustus 2022. Memiliki panjang lintasan 1.540 meter atau 1,5 KM, Jotosanur diprediksi menjadi sirkuit motocross terpanjang di dunia. Indonesia.

Selain itu, sirkuit yang berada di atas lahan seluas 7 hektar ini juga dilengkapi dengan desain handicap dan tantangan lainnya jika dibandingkan dengan sirkuit yang ada di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Ketua Ikatan Sepeda Motor Indonesia (IMI) Lamongan, David Rigi Afandi, bahwa rata-rata sirkuit motocross sejauh ini hanya memiliki lintasan sejauh 1.200 meter atau 1,2 KM (standar nasional), sedangkan Sirkuit Jotosanur memiliki trek yang panjang. lebih lama.

“Pembangunan sirkuit ini sudah selesai 100 persen dan sudah diuji coba, siap digunakan untuk ajang Kejuaraan Nasional minggu depan. Dengan lintasan sepanjang 1.540 meter, Insya Allah Sirkuit Jotosanur akan menjadi sirkuit terpanjang pertama,” kata David Rigi, Jumat (29/7/2022).

David menuturkan, berbagai kelas balapan akan digelar di Kejuaraan Nasional Motocross ini, antara lain kelas 50 cc untuk usia 6-10 tahun, kelas 65 cc untuk usia 10-12 tahun, kelas 85 cc untuk usia 12-14 tahun.

Kemudian, ada juga kelas MX junior A atau 125 cc untuk usia 12-15 tahun, kelas MX1 atau 250 cc untuk usia 15-23 tahun, kelas MX 3 untuk usia 18-23 tahun dan kelas MX1 untuk usia 23 tahun ke atas.

Tidak hanya itu, juga mengakomodir 3 kelas senior untuk mendukung gerak tubuh, 2 kelas lokal dan kelas pro eksekutif atau 3 kelas untuk hobbyist. Dimana pada tanggal 6 Agustus akan dilaksanakan babak penyisihan time trail dan juara pada kelas penunjang akan dilaksanakan, sedangkan pada tanggal 7 Agustus 2022 Kejuaraan Nasional akan berlangsung dari pagi hari.

“Alhamdulillah Lamongan bisa menggelar event tingkat nasional ini. Semoga seri pertama ini bisa menjadi model di seri selanjutnya,” harap David Rigi.

Senada dengan Ketua IMI Lamongan, desainer sirkuit Jotosanur Joni Pranata mengatakan bahwa sirkuit ini merupakan sirkuit terbaik khususnya di wilayah Jawa Timur dan sepenuhnya memenuhi standar nasional.

Sirkuit Motocross Jotosanur resmi diluncurkan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, pada Jumat (29/7/2022) hari ini.

“Sirkuit ini benar-benar memenuhi standar nasional, meski kontur tanahnya cukup keras, sirkuit ini relatif aman karena selalu dilonggarkan dengan penyiraman setiap hari,” katanya.

Sementara itu Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang berkesempatan meresmikan Sirkuit Motocross Jotosanur mengungkapkan, sirkuit ini merupakan salah satu sport tourism yang ada di Kabupaten Lamongan.

Pembangunan sirkuit ini, menurut Yuhronur, sejalan dengan program prioritasnya. Melalui gerakan membangun pariwisata ramah dan terpadu (Rama Sinta), diharapkan mampu melahirkan pelintas dunia yang berasal dari Lamongan.

Selain itu, pembangunan sirkuit yang digagas Kodim 0812/Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga diharapkan mampu meningkatkan semangat perekonomian di Kabupaten Lamongan.

“Semua sektor kita integrasikan ke dalam pariwisata, salah satunya menggabungkan pariwisata dan olahraga yang telah kita ciptakan. Adanya sirkuit dan diadakannya Kejuaraan Nasional motocross memberikan dampak positif di berbagai bidang termasuk ekonomi, bahkan hotel sudah ada. full book untuk event-event Kejurnas mendatang. Termasuk segmen kuliner dan UKM pasti ramai,” pungkasnya. [riq/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *