HGU 2.600 Hektare Kebun PDP Kahyangan Jember Habis Sejak 2019

Diposting pada 0 views

Jember (beritajatim.com) – Sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) tujuh poin di empat perkebunan seluas 2.600 hektar yang dikuasai oleh Perusahaan Umum Daerah Kahyangan milik Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, telah berakhir pada 2019. Tahun ini, perpanjangan akan dimulai untuk tahun berikutnya. 25 tahun.

Keempat taman tersebut adalah Taman Kali Mrawan, Gunung Pasang, Sumber Tenggulun, dan Sumber Pandan. Kebun Sumber Wadung baru akan selesai pada 2034. Proses perpanjangan HGU terhenti.

“Dananya sudah kami siapkan. Kemarin dari penyertaan modal, kami dapat Rp 5,8 miliar, sudah terpakai Rp 700 juta. Mudah-mudahan bisa menutupi itu semua,” kata Direktur Utama PDP Kahyangan Sofyan Sauri, tertulis Selasa (26/7/ 2022).

Keempat kebun tersebut memiliki potensi masing-masing yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan. Taman Gunung Pasang berpotensi menjadi destinasi wisata. Kebun Sumber Pandan memiliki potensi yang baik untuk komoditas kopi.

Tahun lalu, lima perkebunan PDP Kahyangan menghasilkan 990 ton karet dengan berbagai kualitas dan 350 ton kopi biji hijau. Dengan harga pasaran terbaru, Kahyangan bisa mengantongi pendapatan sekitar Rp. 30 miliar. “Kami berusaha meningkatkan cash flow, tapi tidak bisa maksimal. Harga karet mulai membaik. Kemarin Rp 25 ribu per kilogram. Sementara untuk kopi robusta grade II kami jual Rp 24 ribu per kilogram,” kata Sofyan. Penjualan kopi ini masih menggunakan sistem lelang. PDP mengajak semua mitra untuk bergabung. [wir/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim