IAI Al-Khairat Pamekasan Terjunkan 338 Mahasiswa Jalani Program Pengabdian Masyarakat

Pamekasan (TintaSantri.com) – Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Moh Mahfud melepas sebanyak 338 mahasiswa untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, melalui program Kuliah Kerja Nyata 2022, di 23 titik berbeda di Kab. pakistanSelasa (26/7/2022).

Pelepasan mahasiswa peserta PKN ke-27 tahun 2022, akan dilaksanakan di halaman universitas yang terletak di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan. Dihadiri oleh sejumlah sivitas akademika, serta dosen yang diangkat sebagai Pembimbing Lapangan (DPL).

Dalam pelaksanaan PKN IAI Al-Khairat Pamekasan ke-27, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) sebagai sektor unggulan program PKN yang mengusung tema ‘Menegaskan Kembali Jati Diri Mahasiswa Sebagai Tenaga Pengabdian’ dengan menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR).

Ratusan mahasiswa ini nantinya akan melaksanakan program pengabdian masyarakat selama satu bulan ke depan, mulai hari ini hingga Selasa (26/8/2022). Mereka adalah mahasiswa dari 8 Program Studi (Prodi) di tiga fakultas yang berbeda.

“Prinsip dasar pelaksanaan program ini adalah keterpaduan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pencapaian manfaat program PKN yang mengacu pada tiga tujuan dasar yaitu pengembangan kepribadian mahasiswa, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan kelembagaan,” kata Moh Mahfud.

Selain itu, empati partisipatif dan disiplin, komplementer yang komprehensif, berdimensi luas, dan realistis pragmatis digunakan sebagai prinsip dasar pelaksanaan PKN XXVII Berbasis PAR. “Hal ini sejalan dengan prinsip implementasi yang mengacu pada aspek ide bersama untuk fleksibilitas dan keberlanjutan,” katanya.

“Khusus melalui program ini, mahasiswa juga dituntut untuk mampu merealisasikan berbagai target yang telah ditentukan panitia pelaksana, dalam hal LP2M. Diantaranya, mahasiswa akan mengembangkan rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap berbagai permasalahan di masyarakat, sehingga nantinya dapat memposisikan diri sesuai peran dan fungsinya di masyarakat,” imbuhnya.

Sasaran lainnya adalah meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap kehidupan keagamaan, budaya, sosial dan pendidikan masyarakat. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa dituntut untuk mengetahui secara langsung beberapa pendekatan (metode) dalam menyelesaikan berbagai masalah dengan memberikan alternatif solusi melalui pendekatan persuasif dan proporsional,” jelasnya.

“Tidak kalah penting, program ini juga memiliki target dalam rangka mewujudkan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui Program KKN,” ujar Moh Mahfud.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau dan meminta agar para peserta PKN 2022 selalu bisa menjaga nama baik lembaga. “Namun, peserta PKN ini adalah duta kampus yang terjun langsung ke masyarakat. Jadi mereka harus selalu berusaha keras menjaga nama baik almamater,” pungkasnya. [pin/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *