Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup, Pemkab Mojokerto MoU dengan YBL

Mojokerto (TintaSantri.com) – Sebagai bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan bambu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Yayasan Bambu Lestari (YBL)

Penandatanganan kerjasama dilakukan secara virtual, ditandatangani langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di ruang Command Center Pemkab Mojokerto. Menurutnya, selain untuk melestarikan lingkungan, kerjasama ini juga dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Yang tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kerjasama ini kita manfaatkan agar secara bertahap dapat membantu masyarakat dari sisi ekonomi dalam menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19 ini,” jelasnya, Selasa (26/7/2022).

Meski begitu, kata Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto itu, Pemkab Mojokerto saat ini sedang membuat pembibitan bambu. Padahal, bambu telah menghasilkan rebung yang bisa dipanen.

“Oleh karena itu, kita harus menggarap dan menindaklanjutinya agar bisa menjadi produk yang bernilai, dan tentunya tidak bisa dilakukan sendiri dan harus bekerja sama. Saat ini kami sedang mendata masyarakat yang memanfaatkan lahan Perhutani untuk kegiatan ekonomi,” ujarnya.

Dengan harapan, sambung orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto, pendanaan pemanfaatan hutan di wilayah Kabupaten Mojokerto bisa produktif. Artinya, tanpa merusak lingkungan.

“Harapannya, keberadaan hutan dapat dilestarikan dan tidak lepas dari bagaimana kita memanfaatkan hutan untuk menanam pohon bambu. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan hidup,” ujarnya.

Bupati bersyukur Kabupaten Mojokerto merupakan wilayah Sungai Brantas yang dinilai mampu menjaga resapan di sekitarnya. Selain itu, dapat menjadi sumber air bagi daerah kita dan memberikan manfaat. [tin/kun]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *