Kasus Dugaan Korupsi di Perumda Giri Tirta Gresik Terus Menggelinding

Gresik (TintaSantri.com) – Kasus dugaan korupsi penyertaan dana modal sebesar Rp. 25 Milyar di lingkup Perumda Giri Tirta Gresik, terus bergulir di ranah hukum. Terkait itu, Satreskrim Polres Gresik dan Inspektorat Pemkab Gresik terus berkoordinasi untuk mendalami hasil audit penggunaan anggaran tersebut.

Kasat Reskrim Polres Gresik, Iptu Wahyu Rizki Saputro mengatakan, penyidikan dugaan korupsi di perusahaan air minum daerah itu masih dalam tahap penyidikan. Pihaknya belum menaikkan status penyidikan menjadi penyidikan meski sudah menerima hasil audit inspektorat. “Hasil audit masih dikoordinasikan dengan inspektorat,” katanya, Minggu (24/7/2022).

Perwira I Polri itu menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih mendalami hasil audit dengan Inspektorat Pemkab Gresik. “Dari hasil audit akan diketahui apakah ada kerugian negara atau penyalahgunaan anggaran dalam pelaksanaan penyertaan modal tahun 2019,” jelasnya.

Sebelumnya, Satuan Tindak Pidana Korupsi Polres Gresik telah melakukan pemeriksaan terhadap mantan Dirut Perumda Giri Tirta SAZ, mantan Dirjen HBH dan mantan Dirut HA. Dan tiga mantan Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Giri Tirta. Hasil pemeriksaan tersebut akan dikuatkan dengan hasil audit Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gresik.

Kasus dugaan korupsi ini bermula, Perum Giri Tirta (PDAM) Gresik, pada 2019 mendapat suntikan penyertaan modal sebesar Rp. 25 miliar dari APBD, diduga tidak sesuai peruntukannya. Dari miliaran rupiah, hanya Rp 3,6 miliar yang digunakan untuk pembangunan jaringan pipa distribusi Kedungrukem – Balongpanggang.

Penanaman modal tersebut sudah sesuai dengan Perda Nomor 13 Tahun 2016. Namun anggaran tersebut baru terealisasi pada 31 Desember 2019. Sesuai nomenklatur, anggaran tersebut akhirnya digunakan pada tahun 2020 dengan klausul pembelian genset, jembatan geser dan pemasangan pipa transmisi dan distribusi. Namun, sebagian besar pelaksanaannya tidak sesuai dengan klausul dalam peraturan daerah tersebut. [dny/kun]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *