Kemenag dan Kemenhan Kukuhkan Organisasi Mahasiswa Moderasi Beragama

Malang (TintaSantri.com) – Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia meresmikan Gerakan Mahasiswa Moderasi Beragama dan Bela Negara di Perguruan Tinggi Negeri (PTU), di Malang, Jawa Timur. Peresmian dilakukan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani bersama Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Jubei Levianto.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Ali Ramdhani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa proyeksi pemerintah dalam mempersiapkan pembangunan bangsa di masa depan dimulai dari mempersiapkan generasi penerus dengan jiwa kepemimpinan. “Puncak pembangunan suatu bangsa yang kemudian dicanangkan oleh Bappenas sebagai Indonesia Emas. Kami yakin Anda adalah pemimpinnya,” jelasnya, Jumat, (29/7/2022).

Ali Ramdhani mengatakan, ada tiga prediksi masa depan Indonesia yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, McKinsey dan Bappenas. Ketiga institusi tersebut menggunakan pendekatan metodologis yang berbeda, dengan sumber data yang berbeda tetapi menyimpulkan hal yang sama. Pada tahun 2045, Indonesia akan merayakan emas dan kekuatan ekonomi Indonesia nomor lima di dunia.

Ia berpesan agar mahasiswa sebagai duta moderasi beragama di perguruan tinggi negeri dapat mengamalkan agama dengan baik sebagai bentuk representasi nilai moderasi beragama. “Saya ingin menyampaikan bahwa moderasi beragama pada dasarnya mengingatkan kita semua bahwa kita umat Islam harus menjalankan agama sebaik mungkin karena setelah orang mengamalkan agama dengan sebaik-baiknya, hati mereka akan tergerak untuk selalu mencintai siapa pun,” tambahnya.

Tampak hadir pada prosesi pengukuhan adalah Rektor Universitas Islam Malang, Masykuri Bakri; Kasubdit Lindik Ditbelneg Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Laut Rachmat Djunaidy; Kasubdit PAI PTU M. Munir; dan Ketua LP2M UIN Maliki Malang Agus Maimun.

Kegiatan pengukuhan dilakukan bersamaan dengan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Moderasi Mahasiswa Islam di PTU Malang. Diklat Kepemimpinan Dasar Moderasi Agama Mahasiswa Islam di PTU ini diikuti oleh 149 mahasiswa dan berlangsung selama tiga hari, 27-29 Juli 2022. Turut hadir 71 dosen Pendidikan Agama Islam. [dan/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *