Kenali Inferiority Complex, Sindrom Rendah Diri yang Dapat Berpengaruh Buruk

Surabaya (TintaSantri.com) – Inferiority complex adalah sindrom harga diri rendah yang dialami oleh seseorang. Biasanya penderita akan merasa lemah, tidak berdaya, dan tidak mampu melakukan sesuatu.

Meski sebenarnya harga diri rendah dianggap sesuatu yang wajar, namun untuk hal ini justru bisa berdampak buruk. Salah satunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Padahal, hal ini bisa membuat seseorang sulit untuk maju atau berkembang.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengalami inferiority complex, seperti pengalaman di masa kecil, psikologi seseorang, atau mungkin faktor sosial ekonomi.

Adapun ciri-ciri seseorang yang menderita sindrom harga diri rendah, di antaranya;

Terlalu tidak aman

Hal mendasar yang sering dirasakan oleh penderita inferiority complex adalah rasa tidak aman yang berlebihan. Selalu ada perasaan kurang, tidak berharga, dan tidak mampu melakukan sesuatu.

Bandingkan dirimu dengan orang lain

Selain kurang percaya diri, mereka juga sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Entah tentang prestasi atau yang lainnya. Hal inilah yang kemudian membuatnya menjadi minder. Merasa tidak mampu mengungguli orang lain.

berhenti

Ciri lain yang sering dihadapi oleh penderita harga diri rendah adalah sikap mereka yang mudah menyerah. Alih-alih meningkatkan semangatnya, dia sebaliknya, menyerah dengan sangat mudah. Tentu hal ini bisa berdampak buruk di kemudian hari.

Jauhi lingkungan sosial

Karena rasa percaya diri yang sangat rendah, akhirnya membuat seseorang dengan sindrom harga diri rendah memilih untuk menjauh dari lingkungan sosial. Hal ini diperparah karena ia merasa cemas dan takut melihat realitas sosial yang ia anggap terlalu tinggi untuk dicapai atau diikuti.

Seperti mencari validasi

Hal ini juga sering membuatnya mencari validasi dari orang lain. Berharap seseorang membenarkan keputusannya. Pada dasarnya, dia berusaha untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. (fyi/ian)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *