Kepala SDN Bogem 2 Magetan Sudah Ajukan Perbaikan, Namun Sekolah Roboh Sebelum Rehab Terealisasi

Magetan (TintaSantri.com) – Atap Kelas V dan Kelas IV SDN Bogem 2 yang roboh diduga akibat bangunan yang lapuk.

Beruntung saat kejadian terjadi pada Kamis (28/7/2022) pukul 21.00 WIB tidak ada aktivitas sehingga tidak ada korban jiwa. Kepala SDN Bogem 2 Siti Aisyah telah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Magetan

Sebelumnya, dia sudah mengusulkan perbaikan gedung dianggarkan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023. Belakangan, karena kondisinya semakin parah tetapi tidak bisa direhabilitasi, siswa dipindahkan belajar di ruang usaha kesehatan sekolah (UKS).

“Sementara, kami mengarahkan siswa untuk belajar di UKS. Kegiatan belajar mengajar tidak terganggu. Ini sebenarnya sudah usang untuk waktu yang lama. Bahkan kami mengusulkan perbaikan menggunakan DAK pada 2023. Namun belakangan kayu penyangganya sudah melengkung ke bawah, akhirnya kami laporkan ke kantor, tapi akhirnya ambruk,” kata Siti, Jumat (29/7/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Magetan Suwata mengatakan pihaknya telah melakukan inventarisasi ke lokasi. Perbaikan akan dilakukan tahun ini.

“Kita sudah inventarisasi. Tahun ini akan diperbaiki, nanti kita anggarankan dalam perubahan APBD 2022,” kata Suwata.

Sebagai informasi, atap dua ruang kelas di SDN Bogem 2, Desa Bogem, Kecamatan Kawedanan, Magetan, Jawa Timur ambruk pada Kamis (28/7/2022) pukul 21.00 WIB. Kejadian tersebut pertama kali diketahui warga kemudian dilaporkan ke pihak sekolah.

Suyitno, penjaga sekolah, mengungkapkan atap sekolah ambruk pada malam hari. Dia mendengar suara gemuruh di sekitar lokasi. Kemudian dia melihat bahwa atap tua itu telah runtuh.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena tidak ada aktivitas di sekolah tersebut. Sebelumnya, penyangga atau rangka kayu sudah tidak kuat lagi menahan galvalum dan genteng yang beberapa waktu lalu diganti. (fiq/ted)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *