KPU Jatim Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Pemilu 2024

Surabaya (TintaSantri.com) – Selain sosialisasi internal, jelang pendaftaran parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 1-14 Agustus 2022, KPU Jatim juga mengundang parpol sebagai calon peserta Pemilihan Umum pada Kamis (28/7/2022). ).

Hal ini untuk mengikuti Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tahun 2024. Sosialisasi dilaksanakan di aula lantai 2 kantor KPU Jawa Timur, Jalan Raya Tenggilis nomor 1-3 Surabaya mulai pukul 13.30 WIB hingga selesai.

Selain parpol peserta Pemilu 2024, kegiatan ini juga mengundang pemangku kepentingan terkait. Misalnya Bawaslu, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, Kepolisian Daerah Republik Indonesia (Polda). ) Jawa Timur dan Pangdam ( Pangdam ) V/Brawijaya.

Turut hadir dari jajaran KPU Jatim adalah ketua Choirul Anam, anggota, personel Qoriawan, Rochani, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia dan sekretarisnya, Nanik Karsini.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengungkapkan Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilihan Anggota DPR dan DPRD 2024 melalui undangan terbuka di website dan seluruh platform media sosial resmi KPU Jawa Timur.

“Undangan terbuka kami sampaikan karena KPU Jatim belum memiliki nomor kontak yang bisa dihubungi dan alamat parpol baru. Kecuali parpol yang sudah dengar pendapat di KPU Jatim,” kata Choirul Anam dalam komentarnya.

Anam mengatakan, berdasarkan daftar hadir yang ada, ada sekitar 20 parpol yang mengikuti sosialisasi kali ini. Diantaranya adalah Partai Golongan Rakyat, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Bulan Bintang, Partai Swara Rakyat Indonesia, Partai Rakyat Sejahtera, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Kemudian Partai Solidaritas Indonesia, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Umat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Pengawal Perubahan Indonesia, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Amanat Nasional, Partai Partai Buruh, Partai Berkarya, dan Partai Kebangkitan Bangsa. .

“Kemudian kegiatan sosialisasi ini cukup strategis untuk dilakukan karena pertama, pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol peserta pemilu merupakan kegiatan awal tahapan Pemilu 2024. Kedua, bicara pemilu, parpol merupakan salah satu dari tiga unsur penting yang harus dipenuhi. Tiga unsur penting dalam pemilu ini adalah peserta, pemilih, dan penyelenggara pemilu,” ujar pria yang akrab disapa Cak Anam ini.

Menambahkan rekannya, Bagian Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan mengatakan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 mengatur peserta pemilu yang berasal dari partai politik. Sedangkan peserta pemilu dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan diatur oleh PKPU lain.

Pengumuman pendaftaran partai politik peserta pemilu pada 29-31 Juli 2022. Sedangkan pendaftaran dan penyerahan dokumen pendaftaran partai politik pada 1-14 Agustus 2022 tingkat pusat oleh parpol di tingkat pusat dan seluruh berkas diunggah melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sehingga KPU tidak memiliki hardcopy file,” kata Insan.

Selanjutnya dijadwalkan verifikasi administrasi pada 2-11 Agustus 2022, penyerahan rekapitulasi hasil verifikasi administrasi kepada parpol dan Bawaslu 14 September 2022, masa revisi dokumen persyaratan dan penyerahan dokumen persyaratan perbaikan oleh partai politik. pihak mulai 15-28 September 2022, kemudian verifikasi administrasi perbaikan 29 September-12 Oktober 2022.

Selanjutnya penyampaian dan pengumuman rekapitulasi hasil verifikasi administrasi kepada parpol dan Bawaslu 14 Oktober 2022, verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan 15 Oktober sd 4 November 2022, dan penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik dan Bawaslu 9 November 2022.

Kemudian, pembenahan persyaratan kepengurusan dan kepesertaan serta penyerahan dokumen persyaratan perbaikan parpol mulai 10-23 November, verifikasi faktual perbaikan kepengurusan dan keanggotaan parpol 24 November-7 Desember. 2022, penetapan partai politik; penetapan hasil pengundian nomor urut parpol dan pengumuman parpol peserta pemilu pada 14 Desember 2022. [tok/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *