KPU Sampang Sosialiasi Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024

Sampang (TintaSantri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 Tahun 2022, tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Partai politik untuk bisa ikut pemilu, dimulai dengan mendaftar mulai hari ini hingga 14 Agustus 2022 ke KPU RI,” kata Addy Imansyah, Ketua KPU Sampang, Jumat (29/7/2022). .

Oleh karena itu, KPU Sampang merasa perlu melakukan sosialisasi di daerah, meski pendaftaran ditujukan ke KPU RI. Pasalnya pada 14 Desember 2022, KPU RI akan mengumumkan parpol yang lolos untuk mengikuti Pemilihan Umum 2024.

“Setelah melakukan registrasi, verifikasi administratif dan faktual, maka perlu diketahui bahwa tata cara pendaftaran parpol tahun ini berbeda dengan pemilu sebelumnya, dengan mengacu pada PKPU nomor 4 Tahun 2022 yang baru ditetapkan Juli lalu,” imbuhnya.

Addy menegaskan pendaftaran parpol bisa dilakukan dengan login ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), untuk lebih jelasnya tentang PKPU Nomor 4 Tahun 2022 dapat mengunduh JDIH KPU-RI yang memuat 150 pasal, 223 halaman.

Ditanya apa tugas KPU daerah, karena semua pendaftaran parpol melalui KPU RI, Addy menegaskan KPU Daerah juga memiliki peran yang sama, yakni melakukan verifikasi administratif dan faktual sesuai level di daerah. Misalnya, mengunjungi kantor Cabang Partai dan memverifikasi peserta pemilu di tingkat Kabupaten.

“Kami masih menunggu tugas KPU-RI yaitu mencocokkan dokumen dengan data yang masuk melalui aplikasi Sipol, kemudian verifikasi faktual dengan mendatangi kantor di tingkat Kabupaten, termasuk kepesertaan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, data parpol di KPU Sampang, sebanyak 21 parpol di antaranya 16 parpol peserta pemilu 2019 dan 5 parpol baru yang masih dalam proses verifikasi. [sar/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *