Laka Maut Kalisat Jember, Sopir Truk Mengaku Baca Surat Yasin Sebelum Berangkat

Jember (TintaSantri.com) – Pengemudi truk trailer kayu lapis berinisial MP (42) menjalani pemeriksaan di Mapolres, menyusul kecelakaan maut di Desa Sumber Ketempa, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (30/7/2022) .

MP merupakan warga Kabupaten Probolinggo. Informasi awal yang diterima TintaSantri.com, pria tersebut berangkat dari Jember untuk mengangkut kayu lapis ke Blitar. “Dia mengatakan kepada saya bahwa dia berangkat pagi-pagi ke Jember dari Probolinggo. Sebelumnya kami shalat subuh dan membaca surat Yasin,” kata Kapolsek Kalisat Ajun Komisaris Ahmad Musofa.

Setelah semua kayu lapis diangkut ke bagian belakang truk, MP berangkat melalui Desa Sumber Ketempa. “Dari selatan, ada kendaraan Isuzu Panther. Sementara di tikungan, kendaraan melintas, dan truk terguling, menabrak Panther,” kata Musofa.

Ditabrak truk, mobil yang membawa tujuh penumpang itu langsung terbalik. Tiga warga Dusun Rowo, Desa Pakusari, Kecamatan Pakusari meninggal dunia, yakni Jammar (70), Lilik Puanti Rahayu (50), Ahmad Rojib Hasbi Maulana (20).

Empat penumpang lainnya selamat dan dilarikan ke RSUD Kalisat, yakni sopir Isuzu Panther Suwarso (51), Suswati (48), Ilmiyatul Hasanah, dan Alwi Dahlan (62). MP sendiri aman. Ia kemudian diamankan dan diperiksa di Mapolres Jember.

“Kelokan jalan terlalu tajam. Begitu juga dengan kemiringan jalan,” kata Musofa. Dengan beban berat, truk saat berbelok tidak stabil dan terguling. Dugaan kelebihan tonase masih harus diselidiki lebih lanjut.

Truk trailer berguling di seberang jalan, menyebabkan lalu lintas macet. Jalan ditutup sementara, dan evakuasi dilakukan sekitar satu jam dan baru selesai pada pukul 18.00 WIB. Korban dapat dilarikan ke rumah sakit, dan truk serta muatannya didorong ke pinggir jalan. [wir/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *