LKSA dan Orsos di Ponorogo Terima Bantuan Rp 13,8 Miliar

Ponorogo (TintaSantri.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo kembali menyalurkan bantuan sosial. Bantuan diberikan kepada lembaga sosial seperti Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Organisasi Sosial (Orsos) setempat.

Tercatat, tahun ini ada 55 LKSA dan Ormas yang mendapatkan bantuan ini. “Tahun ini ada 55 LKSA dan Ormas yang mendapatkan bantuan,” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Ponorogo, Gulang Winarno, Jumat (22/7/2022).

Gulang mengatakan, bantuan untuk 55 LKSA dan Ormas tersebut berjumlah Rp 13,8 miliar. Dananya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ponorogo tahun 2022. “Total bantuannya Rp 13,8 miliar untuk 55 LKSA dan Ormas,” ujarnya.

Lembaga sosial yang mendapat bantuan dana dari Dinas Sosial, kata Gulang, sudah melalui verifikasi dan validasi. Sebelumnya, ada 62 LKSA dan Ormas yang mendaftar. Namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi, hanya 55 LKSA dan Ormas yang memenuhi persyaratan administratif. “Penerima bantuan telah lolos verifikasi dan validasi kami,” katanya.

Untuk setiap LKSA dan Ormas, besaran bantuan yang diberikan berbeda satu sama lain. Menurutnya, hal itu disesuaikan dengan jumlah anak yang diasuh di panti asuhan tersebut. Setiap anak menerima bantuan makanan senilai Rp. 10.000 per hari.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya anggaran dicairkan setiap 3 tidak sekali. Jadi tahun ini akan disesuaikan pencairannya. “Pencairannya disesuaikan dulu. Dulu tiga bulan. Kalau kali ini menyesuaikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tahun lalu Pemkab Ponorogo menganggarkan Rp. 18 miliar untuk dana Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan organisasi sosial (Orsos). Pasalnya, tahun lalu anggaran dipusatkan kembali untuk pandemi Covid-99 menjadi Rp13 miliar. [end/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *