Massa Pendukung Calon Kades di Mojokerto Gelar Aksi Damai

Mojokerto (TintaSantri.com) – Ratusan warga menggelar aksi damai di Kantor Balai Desa Gunungan, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (23/7/2022). Warga memprotes Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) karena dinilai ada indikasi ketidakadilan dalam proses verifikasi kelengkapan administrasi.

Membawa sejumlah poster bertuliskan tuntutan. Mulai dari kata ‘Wah.. seng itu netral, woy’, ‘Panitia tidak independen’, ‘Orang tidak mau tertipu’, ‘Seng jujur, pasti ada jawabannya.

Warga menggelar aksi damai di depan Kantor Balai Desa Gunungan dengan menyampaikan tuntutannya kepada panitia Pilkades Desa Gunungan. Aksi ini dilakukan oleh salah satu pendukung calon Kepala Desa Gunungan, Saidi. Massa meminta keadilan karena ada indikasi panitia Pilkades Desa Gunungan tidak netral.

Aksi tersebut menyusul kabar salah satu calon Kepala Desa Gunungan tidak lolos pada tahap pencalonan pada Senin (25/7/2022). Namun, warga menuding langkah panitia yang mempertanyakan persyaratan administrasi para calon tidak berdasar. Pasalnya, persyaratan administrasi bakal calon atas nama Sadi sudah lengkap sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Panitia ini mencari kesalahan. Namun, mereka tanpa dasar yang jelas. Semuanya dilengkapi. Berkas juga diperoleh melalui proses sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar salah satu warga, Budi Permata.

Warga menuntut dan siap mengawal penelitian kelengkapan kelengkapan administrasi calon Kepala Desa Gunungan Sadi dalam Pilkades Gunungan. Pasalnya, warga menilai ada indikasi ketidakadilan dalam proses verifikasi kelengkapan administrasi sebagai syarat calon Kepala Desa Gunungan, sehingga akan merugikan calon.

Warga semakin kesal sesampainya di Kantor Balai Desa Gunungan, namun tidak ada satupun panitia Pilkades Desa Gunungan di lokasi. Berdasarkan informasi yang dihimpun, panitia Pilkades Desa Gunungan dimintai keterangan pihak camat di Kantor Kecamatan Dawarblandong hingga akhirnya warga membubarkan diri. [tin/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *