Nasdem Tagih Janji Penertiban Tambang Batu Kapur Gunung Sadeng dan Tambak di Jember

Jember (TintaSantri.com) – Fraksi Partai Nasional Demokrat DPRD Jember, Jawa Timur, menuntut janji Bupati Hendy Siswanto untuk menertibkan penambangan batu kapur di Gunung Sadeng dan tambak di pantai selatan. Nasdem berharap kedua sektor ini bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Saat ini terjadi miskomunikasi antar pengusaha di kawasan Gunung Sadeng, sehingga apa yang telah ditetapkan Pemkab Jember belum terlaksana dengan baik dan masih menimbulkan persepsi yang tidak sehat,” kata Juru Bicara Fraksi Nasdem, David Handoko Seto, tertulis Senin (25/5). /7/2022) ).

Nasdem menilai Pemkab Jember belum melakukan kajian mendalam sebelum menetapkan regulasi. “Jika kajian dan regulasi yang baik tidak segera dilakukan, aset yang menjadi kebanggaan Pemkab Jember akan dirusak dan dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata David.

Soal pengelolaan pesisir atau sempadan pantai selatan, David menyinggung fakta maraknya tambak-tambak yang mengatasnamakan masyarakat. “Padahal di awal masa jabatannya, Bupati sudah melakukan peninjauan ke beberapa lokasi tambak dan mengatakan akan melakukan penertiban tambak ilegal di sepanjang pantai Puger hingga Kencong,” kata David.

Menurut David, pengusaha tambak ilegal itu hanya memiliki surat yang diketahui kepala desa. Surat ini digunakan sebagai dasar bagi para petani ilegal untuk membuka lahan.

“Ini sama sekali tidak dibenarkan menurut hukum untuk pengelolaan tanah-tanah ini. Parahnya lagi, banyak lahan tambak ini sudah dialihkan ke pihak lain dengan transaksi yang diduga jual beli,” ujarnya.

Nasdem mendesak Bupati Hendy segera membentuk tim untuk menguasai pantai selatan. “Perlu dicatat pantai selatan masuk dalam pemetaan potensi bencana di Kabupaten Jember. Adanya embung di sempadan pantai akan berdampak buruk bagi Pemerintah Kabupaten Jember jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata David.

Menanggapi hal itu, Bupati Hendy mengatakan, pengelolaan Gunung Sadeng untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pertambangan akan dikaji. “Dalam rangka pengelolaan Gunung Sadeng, Pemkab Jember akan segera melakukan langkah-langkah strategis dengan melakukan kajian pemanfaatan pengelolaan Gunung Sadeng melalui APBD Perubahan 2022. Usulan terkait pembentukan pantai selatan juga akan kami perhatikan. tim penertiban sebagai upaya pengamanan wilayah pesisir,” ujarnya. [wir/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *