PAN Jatim Usul Khofifah Maju Pilpres 2024, Zulhas: Beliau Gubernur Sukses

Surabaya (TintaSantri.com) – Dewan Pengurus Daerah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur mengusulkan nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi salah satu calon yang maju dalam Pilpres 2024.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pihaknya masih membahas dan merumuskan strategi untuk pemilihan presiden mendatang. Namun, dia menyebut Khofifah adalah seorang gubernur yang sukses. “Kami akan menampung usulan DPW nanti, Khofifah sahabat saya, gubernur yang sukses. Bu Khofifah, aku sayang kamu,” kata Zulhas, Sabtu (30/7/2022).

Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig, menyampaikan usulan tersebut kepada DPP saat Rapat Kerja Daerah, di Hotel Grand Empire Palace, Surabaya. Selain nama Khofifah, ada 4 tokoh nasional yang diusulkan, di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir.

Namun, Sadig mengatakan pihaknya masih melihat aspirasi masyarakat untuk menentukan calon yang akan maju dalam Pilpres 2024. “Dari internal KIB, ketua umum partai diharapkan bisa ikut kontes apapun situasinya, masih kita pilah-pilah,” ujarnya.

Ditanya soal 5 tokoh dari pihak luar yang masuk radar PAN, Sadig mengatakan ada lima nama yang diajukan, yakni Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Andika Perkasa. Kelima nama tersebut diajukan DPW kepada DPP karena mendapat suara dari sedikitnya 19 atau 50 persen DPD PAN kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Meski mencalonkan lima nama, PAN Jatim berharap Khofifah akan diusung PAN pada Pilpres 2024. Hal itu, kata dia, karena mantan Menteri Sosial RI itu diusulkan paling banyak oleh DPD PAN Jatim dengan 33 suara. “Saya berharap usulan Jatim bisa diikutsertakan dalam perjuangan nasional, khususnya Khofifah yang selalu kita usulkan dari tahun lalu,” pungkasnya. [ang/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *