Pembebasan Lahan Untuk Tol Demak-Tuban Ditarget Rampung Tahun Ini

Tuban (TintaSantri.com) – Sejumlah lahan di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban akan dibebaskan untuk pembangunan Tol Demak-Tuban. Sedangkan rilisnya ditargetkan selesai tahun ini.

Anggota Komisi VII DPR Ratna Juwita Sari mengungkapkan progres rencana pembangunan Tol Demak-Tuban masih dalam tahap perencanaan pembebasan lahan. Dia berharap akhir tahun ini sudah selesai sehingga pembangunan bisa dimulai.

“Akhir tahun ini ditargetkan pembebasan lahan Tol Demak-Surabaya yang melewati Tuban sudah selesai,” kata Ratna yang duduk di kursi DPR dari daerah pemilihan Tuban-Bojonegoro saat berada di Tuban. .

Politisi PKB asal Tuban itu menyatakan, sedang diupayakan pembebasan lahan di lahan milik Perhutani. Bahkan ada alternatif untuk daerah yang sering rawan banjir, seperti di Demak akan dibangun jalan layang.

Ditanya apakah hanya lahan Perhutani yang akan digunakan untuk jalan tol, Ratna menegaskan semua rute yang dibutuhkan akan dibebaskan tahun ini. Termasuk jika lahan yang akan digunakan milik warga.

“Lahan Perhutani diprioritaskan untuk pembebasan lahan, namun jika ada lahan masyarakat yang terkena dampak tol ini, semuanya akan selesai tahun ini,” lanjutnya.

Peta rencana jalan tol Tuban-Demak.

Dalam proses perencanaan pembangunan jalan tol tersebut, yang masih menjadi tarik ulur adalah titik Exit Tol yang akan menjadi pintu keluar masuknya kendaraan. Ratwa Juwita Sari berharap Exit Tol ditempatkan di titik yang tidak terlalu dekat dengan pemukiman padat penduduk.

“Kami pribadi berharap exit tol ini mendekati kawasan industri, sehingga sesuai dengan kebutuhan tujuan utama pembangunan tol ini. Saya khawatir jika exit tol itu dekat dengan padat penduduk. permukiman, akan mengorbankan kepentingan penduduk setempat, jalan akan semakin macet nantinya,” harapnya.

Sementara itu, meski ditargetkan pembebasan lahan selesai akhir tahun ini, nilai konstruksinya belum muncul. Meski begitu, dia berharap pengerjaan konstruksi jalan tol pada awal 2023 bisa dimulai.

“Anggaran pembangunan tol belum muncul, untuk pembebasan lahan Demak sudah selesai,” pungkasnya. [mut/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *