Pembeli Telur Ayam Ras di Magetan Keluhkan Harga Mahal

Magetan (TintaSantri.com) – Tidak hanya harga daging ayam yang masih tinggi di Magetan, harga telur ayam juga tidak cukup terjangkau. Sekarang harga telur ayam di Pasar Sayur I Magetan masih Rp. 25 ribu per kilogram.

Harga telur mengalami kenaikan sejak Idul Fitri dan belum turun hingga usai Idul Fitri. Namun, meski harga telur tinggi, permintaannya masih banyak, terutama dari warga yang mengadakan hajatan atau pemilik katering. Namun, berimbas pada warga biasa yang membutuhkan telur untuk lauk sehari-hari.

Sri Martini, salah satu pedagang telur ayam, mengaku mendapat keluhan dari pembeli. Meski sudah dua lebaran, harga telur belum turun. Padahal, telur menjadi alternatif saat harga daging ayam sedang tinggi.

“Pembeli komplain kok tidak turun. Ya kita mau bagaimana dari kandang, harga masih tinggi,” kata Sri, Sabtu (23/7/2022).

Sri mengatakan, pada musim hajatan seperti sekarang ini, ia bisa menjual telur sebanyak 15 peti atau setara dengan 225 kilogram dalam sehari. Jumlah itu meningkat dari hari biasa yang hanya 6 menjadi 10 peti atau hanya setara 90 kilogram menjadi 150 kilogram.

“Sebagian saya jual di warung. Beberapa, saya edarkan menggunakan pickup. Ada pegawai yang berkeliling, melayani pembeli yang tiba-tiba membeli atau mengirim ke warga yang banyak memesan untuk hajatan atau usaha katering,” ujarnya. [fiq/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *