Pemkot Surabaya Siapkan Opsi Lokasi Citayam Fashion Week

Surabaya (TintaSantri.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menyiapkan beberapa pilihan lokasi peragaan busana dengan konsep seperti Citayam Fashion Week. Beberapa lokasi tersebut adalah Balai Pemuda Surabaya atau ruas jalan yang saat ini sedang diterapkan Car Free Day (CFD).

“Youth Center sedang dipersiapkan, silakan menggelar kegiatan fashion week di kawasan Surabaya City Square,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Muhammad Fikser, Jumat (29/7/2022).

Fikser juga mengungkapkan bahwa Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, telah meminta pejabat daerah terkait untuk menyiapkan ruang tersebut. “Mungkin akan ada karpet merah untuk anak muda berekspresi di sana,” kata Fikser.

Adapun fasilitas di Balai Pemuda, Fikser menyatakan bahwa anak muda dapat menggunakannya kapan saja untuk menyalurkan bakat kreatifnya. Bahkan, berdasarkan instruksi Wali Kota Surabaya, PD terkait bisa menyiapkan acara khusus agar anak muda bisa berkumpul di kawasan wisata Alun-Alun Surabaya.

“Pelaksanaannya saat ini sedang dibahas, hal ini untuk menjawab animo masyarakat yang besar terkait fenomena Citayam Fashion Week (CFW) yang mulai diikuti oleh anak muda di Surabaya. Dengan tujuan, ruang publik di kota Surabaya dapat dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat berkumpul dan berinteraksi bersama,” jelasnya.

Namun, dia berharap acara tersebut tidak menimbulkan kerumunan. Mengingat Kota Surabaya masih dalam keadaan pandemi Covid-19, maka petugas di kawasan wisata Tunjungan Romansa akan mengatur arus kegiatan.

“Kegiatan ini juga bisa dilakukan pada saat Car Free Day (CFD), karena masyarakat sudah mengetahui waktu dan lokasi kegiatannya,” ujarnya.

Sementara itu, terkait penutupan Jalan Tunjungan setiap Sabtu, Fikser menjelaskan hal tersebut sedang dibahas. Karena jika ada proses penutupan jalan, maka akan ada kajian lebih lanjut agar ada pengalihan lalu lintas dan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal ini karena Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen untuk memberikan ruang bagi generasi muda untuk menyalurkan bakat kreatifnya.

“Berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya, tidak ada rencana penutupan jalan. Tapi kalau ada acara tentu akan ada sosialisasi kepada masyarakat tentang pengalihan arus lalu lintas,” pungkasnya. [asg/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *