Perahu Nelayan Tuban Tenggelam, Korban Berjam-jam Terombang-ambing di Laut

Tuban (TintaSantri.com) – Seorang nelayan yang perahunya tenggelam di perairan laut utara setelah dihantam ombak besar ditemukan dalam kondisi lemas terapung di laut di kawasan utara Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Kamis (21 /7/2022).

Seorang nelayan yang hanyut di laut dan berhasil diselamatkan diketahui bernama Rukadi (46), nelayan asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Sedangkan nelayan lainnya, Hendin Debi Setiawan (40), warga Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban, yang merupakan pemilik perahu, masih hilang dan belum diketahui keberadaannya.

Dari informasi yang dihimpun TintaSantri.com, kondisi Rukadi yang mengambang di tengah laut pertama kali ditemukan oleh Dimyanto, seorang nelayan asal Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Saat itu, Dimyanto sedang memancing di kawasan laut utara, Kecamatan Jenu, Tuban.

“Saya menemukan orang itu secara tidak sengaja. Saat itu saya sedang melaut,” jelas Dimyanto, nelayan asal Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

Saat sedang menebar jaring ikan sekitar 9 mil dari daratan, Dimyanto tiba-tiba melihat seseorang terapung dalam kondisi lemas. Rukadi mengapung dan terombang-ambing oleh gelombang laut hanya dengan kendi plastik yang diikatkan di tangannya.

Kondisi perahu nelayan Tuban bersandar di pantai.[foto: M Muthohar/TintaSantri.com]

“Posisi korban setengah sadar dan melayang menggunakan jurigen, badannya juga kaku. Kemudian langsung saya bawa pulang,” sambungnya.

Menurut Dimyanto, korban sempat bercerita bahwa perahu yang digunakannya untuk mencari ikan tenggelam setelah dihantam ombak besar. Korban Rukadi langsung berusaha menyelamatkan diri menggunakan kendi plastik dan kondisinya masih belum diketahui. “Katanya ada dua korban, tapi satu belum ditemukan,” kata Dimyanto yang menemukan nelayan yang perahunya tenggelam.

Sementara itu, untuk saat ini, Rukadi yang berhasil selamat dari tenggelamnya kapal akibat gelombang tinggi, masih menjalani perawatan medis di Puskesmas Tambaknoyo, Kecamatan Tambakboyo, Tuban. Korban masih terlihat lemah setelah berjam-jam mengapung di laut hanya dengan juri.[mut/kun]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *