Perebutkan Piala Presiden, Sandiaga Uno Siap Jadi Saksi Gempitanya Festival Reog Ponorogo

Ponorogo (TintaSantri.com) – Setelah Festival Reog Mini (FRM) XVIII digelar Minggu (24/7/2022) lalu, perayaan Grebeg Suro 2022 dilanjutkan dengan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XXVII pada Senin (25/7/2022) malam.

Tercatat 27 kelompok seni reog dari Ponorogo dan luar daerah mengikuti kegiatan rutin tahunan memperebutkan Piala Presiden.

Festival Nasional Reog Ponorogo yang digelar di panggung utama alun-alun menarik ribuan penonton setiap malamnya. Sepertinya kursi yang disiapkan untuk penonton selalu penuh.

UKM juga dibanjiri berkah. Gerai-gerai UMKM di sekitar alun-alun dipadati warga yang menonton reog.

“Dengan adanya acara Grebeg Suro ini, ekonomi kreatif masyarakat Ponorogo sangat luar biasa,” kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Rabu (27/7/2022).

Setelah absen selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Sugiri mengaku pihaknya sempat ragu dengan digelarnya Festival Nasional Reog Ponorogo. Antusiasme kelompok reog sangat luar biasa dengan menampilkan antraks secara totalitas, kecemerlangan dan kolaborasi.

“Walaupun dalam masa transisi pandemi Covid-19, mereka tetap bisa tampil bagus. Keren,” ujarnya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa acara perayaan Grebeg Suro tahun 2022 selain melestarikan budaya di Ponorogo juga menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. Festival Nasional Reog Ponorogo semakin istimewa, ketika acara yang digelar untuk menyambut bulan Muharram ini juga masuk dalam kalender Acara Kharisma Nusantara (KEN) 2022 milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Festival Nasional Reog Ponorogo masuk dalam KEN 2022 tentunya lebih bergengsi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mempromosikan acara ini ke seluruh nusantara,” ujarnya.

Menurut informasi yang dihimpun TintaSantri.com, Festival Nasional Reog Ponorogo yang akan diikuti oleh 27 kelompok reog ini akan berlangsung selama 4 hari. Yakni mulai 25-28 Juli 2022. Rencananya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan ikut menyaksikan festival tahunan yang memperebutkan piala Presiden tersebut.

“Ya, dia (Sandiaga Uno) rencananya akan melihat Festival Reog malam ini,” kata Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disbudparpora Kabupaten Ponorogo, Tini Fifiantini. [end/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *