Peringati Hari Mangrove se-Dunia, Puslatpurmar-4 Purboyo Malang Tanam Ribuan Bibit

Malang (TintaSantri.com) – Pusat Latihan Tempur Laut (Puslatpurmar)-4 Purboyo mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, Rabu (27/7/2022).

Penanaman bibit pohon mangrove dilakukan serentak secara nasional di 77 lokasi di seluruh Indonesia. Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Si bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono, SE, MM melakukan penanaman Mangrove Nasional secara serentak melalui online.

Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Marinir Letkol Sulistyo Ivan N, M.Tr. Opsla memimpin pelaksanaan penanaman bibit mangrove di Pantai Tamban. Ia menegaskan, penanaman bibit mangrove juga merupakan salah satu upaya peduli lingkungan.

“Kegiatan penanaman bibit pohon mangrove ini bertujuan untuk menanggulangi abrasi sehingga menjadi tempat Wisata Mangrove dan Kampung Bahari,” kata Letkol Ivan.

Selain itu, menurut dia, ini juga merupakan salah satu perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, SE, MM yaitu untuk terus dapat menjalin soliditas dengan seluruh komponen pertahanan dan keamanan negara.

“Tinggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif. Membangun soliditas menuju sinergi di alam semesta. Itu instruksi langsung dari Pak KSAL,” jelas Letkol Laut Ivan.

Sebagai informasi, setidaknya ada sekitar 1.000 bibit mangrove yang ditanam dalam kegiatan ini. Acara tersebut juga dihadiri oleh Muspika Sumbermanjing Wetan, warga sekitar, sejumlah relawan dan juga sejumlah pihak lainnya. [yog/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *