PGI Minta Kemendikbud Tarik Buku Pelajaran SMP Soal Konsep Trinitas Kristen

Jakarta (TintaSantri.com) – Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menyayangkan beredarnya Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VII yang ditulis oleh Zaim Uchrowi dan Ruslinawati, sejak tahun 2021.

Jeirry Sumampow, Kepala Humas PGI, menyatakan bahwa dalam buku yang diterbitkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2021, terdapat kesalahan yang sangat fatal mengenai ajaran Kristen (lihat halaman 79, topik penjelasan tentang agama Kristen Protestan). ). Kesalahan ini sangat mendasar dalam konsep ketuhanan dan Trinitas menurut Kristen Protestan.

Sehubungan dengan itu, pada hari ini (26/7/22) PGI telah mengirimkan surat keberatan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, dan Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom. Sekjen PGI, Pdt. Jacklevyn J. Manuputty,” kata Jeirry Sumampow dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Dalam surat tersebut, PGI meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menarik buku tersebut dari peredaran dengan penjelasan yang diperlukan bagi sekolah yang telah menggunakannya.

Kedua PGI tersebut menyarankan kepada Menteri agar muatan kurikulum yang berkaitan dengan Pancasila dan Kewarganegaraan harus dibebaskan dari penafsiran agama. Untuk itu sebaiknya buku pegangan dan pelajaran tidak masuk pada aspek dogma/pengajaran mengingat berbagai denominasi di kalangan umat beragama. Kalaupun harus menjelaskan tentang agama, cukup menyebutkan sejarah singkat dan aspek nilai-nilai etikanya.

Ketiga PGI tersebut mengusulkan agar melibatkan lembaga-lembaga yang memiliki otoritas resmi seperti Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) untuk ikut mengkaji draf yang saat ini sedang digarap mengenai masalah Kekristenan, sebelum mencapai tahap finalisasi untuk diterbitkan. (ted)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *