Residivis Kasus Narkoba Warga Mojokerto Kembali Diamankan Polisi

Mojokerto (TintaSantri.com) – Anggota Satuan Narkoba Polres Mojokerto kembali menangkap M Aris Azizi (39), warga Dusun Kedungbendo, Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Residivis kasus narkoba ini ditangkap saat mengambil ranjau di Jalan Raya Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Mojokerto, Bambang Tri Sutrisno mengatakan, pelaku ditangkap pada Jumat (15/7/2022) sekitar pukul 17.00 WIB saat mengambil tambang. “Pelaku merupakan residivis dari kasus serupa. Pelaku ini tercatat sebagai residivis kasus yang sama tahun 2009 lalu,” ujarnya, Kamis (21/7/2022).

Meski demikian, kata Kasat, lima tahun penjara di Lapas Klas IIB Kota Mojokerto, pelaku dibebaskan pada 2014. Penangkapan pelaku tak lepas dari peran aktif masyarakat dalam peredaran transaksi tersebut. Sehingga pelaku tidak bisa bergerak saat ditahan petugas di lokasi. Selain itu, petugas menemukan sejumlah barang bukti.

“Dengan adanya informasi tersebut, kami melakukan penggeledahan di lapangan dan menangkap pelakunya. Kami menyita sabu seberat 1,04 gram dan lima butir pil Inex seberat 1,76 gram. Untuk mengelabui petugas, pelaku menyimpan barang haram tersebut di dalam bungkus rokok bekas,” ujarnya.

Barang bukti senilai Rp. 4 juta yaitu sabu senilai lebih dari Rp. 1,5 juta dan pil Inex Rp. 2.5 juta. Di hadapan petugas, pelaku mengaku sudah kembali mengedarkan narkotika dalam setahun terakhir. Motif ekonomi menjadi alasan pelaku karena setelah keluar dari penjara, pelaku tidak memiliki pekerjaan tetap atau pekerjaan sampingan.

“Yang bersangkutan mengaku kembali mengedarkan narkoba karena kebutuhan ekonomi. Para pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat 1 atau Pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Para pelaku diancam dengan pidana penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp. 10 miliar,” kata mantan Kapolres Prigen itu. [tin/ted]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *