Sakit di Malaysia, TKI Asal Sampang Pulang dalam Kondisi Meninggal

Sampang (TintaSantri.com) – Sutiah (69) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Malaysia asal Desa Jungkarang, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, dipulangkan meninggal dunia. Pemulangan dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bekerjasama dengan Badan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI) Pamekasan, Minggu (24/7/2022).

Berdasarkan register kematian No. 1649674, 23 Juli 2022 dari Kantor Polisi Pantai, Brickfields Kuala lumpur, Sutiah dinyatakan meninggal pada 23 Juli 2022 pukul 05.30 waktu setempat. Penyebab kematiannya adalah penyakit ginjal stadium 4, tekanan darah tinggi, diabetes.

Pj Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja DPMPTSP dan Naker Sampang, Agus Sumarso mengatakan, DPMPTSP Sampang dan BP2MI Pamekasan bekerja sama untuk proses pemulangan.

“Kami bertugas mendampingi dan mendampingi penjemputan jenazah dari Bandara Juanda Surabaya ke rumah duka di kampung halamannya,” jelas Agus, Senin (25/7/2022).

Agus menambahkan, berdasarkan surat dari KBRI Kuala Lumpur, atas permintaan putra mendiang Syaiful Arif, agar jenazah disemayamkan di Indonesia di kampung halamannya.

“Setibanya di rumah duka, jenazah almarhum akan diterima dan dimakamkan oleh putra almarhum atas nama Moh Wesit,” ujarnya.

Agus menuturkan, sebelum meninggal Sutiah mengalami sesak napas, kemudian dibawa ke rumah sakit dengan ambulans. Setelah menjalani perawatan, nyawanya tidak bisa diselamatkan karena komplikasi yang sudah berlangsung lama.

“Kami tiba di rumah duka di Dusun Air Mata, Desa Jangkarang, Kecamatan Jerngik, Kabupaten Sampang, dan disambut oleh keluarga dan aparat desa setempat,” katanya. [sar/but]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *