Sempat Vakum, KKN Mahasiswa di Gresik Kembali Digelar

Gresik (TintaSantri.com) – Sempat vakum karena banyaknya kasus pandemi COVID-19. Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKN) kembali digelar.

Kali ini, sebanyak 285 mahasiswa Universitas Gresik (Unigres) melaksanakan KKN di 23 desa yang berada di lima kecamatan. Program ini akan berlangsung selama tiga minggu.

Rektor Unigres Riski Dwi Prameswari mengatakan KKN ini bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan program Nawa Karsa bupati.

“Nantinya, 285 mahasiswa yang melakukan KKN akan disebar di 23 desa untuk berbaur dengan masyarakat desa,” ujarnya, Senin (25/7/2022).

Sementara itu, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani, mengatakan pihaknya berharap peran mahasiswa dalam membantu mewujudkan KKN di lingkungan pemerintah desa dan masyarakat. Terutama terkait dengan perbaikan data pengangguran dan kemiskinan.

“Langkah pertama adalah perbaikan data. Karena dana desa besar setiap tahunnya. Jika dikelola dengan kondisi di desa bisa tercapai. Jadi targetnya dimulai dengan mengoreksi data yang valid,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Gresik itu menambahkan, mahasiswa juga diminta untuk mengamalkan ilmunya di masyarakat. Ini dianggap sebagai pengabdian kepada negara dan masyarakat.

“Saat melakukan KKN, apa yang Anda tinggalkan di desa ini. Selama KKN di desa pasti ada sisa manfaat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Saat ditanya tentang implementasi kampus mandiri di Unigres. Gus Yani menjelaskan, program dari Mendiknas ini sangat dibutuhkan untuk masa depan mahasiswa. Apalagi saat memasuki dunia kerja.

“Kalau bicara mandiri, kita akan segera membuat MoU antara pemerintah daerah, perusahaan dan perguruan tinggi,” ujarnya. (hari/sekarang)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *