Surat Lamaran Tak Direspon HRD? Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirimnya, Dijamin Langsung Dilirik!

Surabaya (TintaSantri.com) – Bagi para pencari kerja, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa CV yang Anda kirimkan melalui email tidak mendapat panggilan? Padahal Anda sudah membuat CV semenarik dan selengkap mungkin. Mengapa HRD tidak juga melihat CV Anda?

Bisa jadi masalahnya terletak pada waktu pengiriman yang salah. Yap, meskipun online, jika Anda tidak mengirimkan CV Anda pada waktu yang tepat, itu bisa berdampak besar! Karena itu akan menjadi kunci apakah email lamaran Anda dibaca atau tidak oleh HRD perusahaan. Tentunya Anda tidak ingin email lamaran menjadi sia-sia bukan?

Nah, inilah saat-saat yang tepat untuk mengirim surat lamaran ke perekrut, dijamin langsung direspon!

1. Hari Kerja

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mengirim surat lamaran secara online dapat dilakukan setiap hari, namun tetap akan dibaca oleh HRD. Eits, ini salah besar! Sama seperti pengiriman lamaran secara langsung, pengiriman lamaran via email juga harus dilakukan pada hari kerja.

Di hari Sabtu dan Minggu tentunya perusahaan juga tutup sehingga HRD juga libur. Biasanya mereka akan lebih aktif mengecek surat lamaran yang dikirim pada hari kerja, sehingga kemungkinan besar lamaran yang dikirim pada hari kerja atau hari libur tidak akan diketahui.

2. Prioritaskan hari Selasa

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh SmartRecruiters pada tahun 2013 mengatakan bahwa hari Selasa adalah hari paling populer bagi perekrut dan pelamar kerja.

Anda juga dapat melihat, pada hari Selasa, banyak perusahaan memposting lowongan pekerjaan. Jadi jika Anda melamar pada hari itu, proses rekrutmen juga bisa berjalan lebih cepat.

Hal ini dikarenakan umumnya pada hari Senin dan hari lainnya, para perekrut sedang mempersiapkan posisi yang dibuka beserta unggahannya. Jadi kalau pelamar banyak yang masuk, mereka sudah siap.

3. Lebih cepat lebih baik

Jika Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda pengiriman lamaran karena jangka waktu yang lama, maka sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut.

Usahakan segera kirimkan surat lamaran di hari yang sama lowongan dibuka. Hal ini akan berdampak karena HRD secara aktif melakukan pengecekan terhadap pengajuan dari pelamar.

4. Jam terbaik

Sama seperti hari, pengiriman surat lamaran juga memiliki jam khusus. 08.00 – 11.00 dan 14.00 – 15.00 adalah waktu yang optimal untuk mengirim lamaran kerja.

Hal ini dikarenakan jam-jam tersebut merupakan waktu luang perekrut, yaitu pada pagi hari saat pekerjaan tidak sibuk, dan sore hari saat pekerjaan sudah mulai selesai.

Anda perlu memperhatikan waktu pengiriman, tetapi ingat, kualitas CV dan surat lamaran Anda adalah hal yang paling penting. Jadi jangan lupa untuk terus meningkatkan CV Anda! (mnd/ian).


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *