Takjub Saksikan Festival Reog, Ini Catatan Perbaikan dari Menparekraf Sandiaga Uno

Ponorogo (TintaSantri.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyaksikan Festival Nasional Reog Ponorogo XXVII. Kegiatan ini masuk dalam kalender Acara Kharisma Nusantara 2022 Kemenparekraf.

Sandi terkesima dengan tarian reog yang dibawakan oleh peserta festival. Ia menilai, setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19, acara ini menandai kebangkitan motivasi untuk pulih, terutama secara ekonomi.

“Kita lihat saja bagaimana magisnya upaya penampilan kelompok reog peserta FNRP. Kegiatan ini membangkitkan seni budaya dan ini merupakan kebangkitan motivasi dan ekonomi,” kata Sandi.

Ia mengapresiasi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko atas suksesnya acara ini. Karena masuk dalam kalender KEN 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menugaskan tim khusus untuk memantau kegiatan festival reog ini hingga selesai.

Menurutnya, tim ini akan mencatat semuanya untuk evaluasi. Sehingga diharapkan penyelenggaraan festival Reog tahun depan bisa lebih menarik lagi.

“Kami melihat ini sangat kolosal dan menjadi daya tarik tersendiri. Dan ini adalah bagian dari daya tarik itu sendiri. Anda mendapatkan musik, Anda mendapatkan seni pertunjukan. Untuk seni pertunjukan ya ya,” ujarnya menirukan komentar khas Anang Hermansyah dalam ajang pencarian bakat tersebut.

Meski begitu, Sandi juga memberikan beberapa catatan dalam pelaksanaan festival nasional reog Ponorogo ini. Dia ingin ke depan, orang-orang yang menonton lebih dekat dengan panggung pertunjukan.

Selain itu, panitia juga diharapkan memberikan fasilitas menonton melalui live streaming. “Dilihat lewat streaming bagus, dipadu dengan permainan lampu kedip yang ada,” ujarnya.

Kurasi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini semata-mata untuk membuat perayaan Grebeg Suro lebih baik lagi ke depannya. Dengan kurasi ini, bukan tidak mungkin festival reog ini bisa menjadi event dunia. Sebab, reog juga ada di seluruh dunia.

“Kami mengundang Bupati untuk berdiskusi untuk evaluasi. Semoga kedepannya bisa menjadi event internasional,” pungkasnya. [end/beq]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *